6 Wisata Alam di Jawa Timur

Indonesia memang memiliki banyak sekali destinasi yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya yaitu wisata alam di Jawa Timur. Provinsi ini juga mempunyai beragam pilihan mulai dari pantai, gunung, gua sampai air terjun.

Beberapa Wisata Alam di Jawa Timur

Umumnya seluruh kabupaten maupun kota di provinsi besar ini mempunyai wisata alam andalannya masing-masing. Anda pun tinggal memilihnya sesuai dengan keinginan baik ke pantai atau gunung. Tidak hanya itu, kawasan ini juga terdiri dari dataran tinggi maupun dataran rendah.

  1. Gunung Bromo

Perlu Anda ketahui bahwa Gunung Bromo merupakan ikon terkenal dari Jawa Timur sehingga sudah terkenal hingga mancanegara. Wisata ala mini terletak di Probolinggo dan menawarkan tiga objek paling mempesona yaitu lautan pasir, pemandangan pegunungan sampai sensasi menunggang kuda.

  1. Kawah Ijen

Kawah Ijen sudah berhasil dijadikan ikon kedua bagi Jawa Timur setelah Gunung Bromo. Wisata alam ini terletak di daerah Banyuwangi. Menariknya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kawah dari gunung yang tidak berhenti mengeluarkan belerangnya. Objek ini menjadi tujuan bagi pengunjung.

  1. Pantai Klayar

Anda bisa mengunjungi Pantai Klayar di Pacitan yang menawarkan keindahan deburan air ke udara ketika ombak menerpa batu karang. Wisatawan diimbau untuk tidak melakukan aktivitas berenang sebab wisata alam ini terletak di kawasan Samudera HIndia sehingga gelombangnya cukup besar.

  1. Gili Lobak

Madura juga tidak kalah dengan wisata alam yang dimilikinya. Anda bisa mengunjungi sebuah pulau bernama Gili Lobak di kawasan Sumenep. Wisatawan perlu mengeluarkan tarif sewa perahu motor sebesar Rp 350.000 setiap 5 orangnya untuk mengaksesnya sebab jauh dari jalur darat.

  1. Taman Nasional Baluran

Wisata alam ini berada di dua kota yang saling berdampingan yaitu Banyuwangi dan Situbondo. Kawasan ini terbagi menjadi beberapa wilayah sebab memiliki luas hingga 25.000 hektar. Wisatawan akan sangat terhibur dengan pemandangan sabananya.

  1. Gua Gong

Gua ini merupakan yang tercantik di kawasan Asia Tenggara. Wisatawan perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 serta harus menyewa senter dengan harga Rp 5.000. Anda bisa menyaksikan hamparan stalakmit dan stalaktit di dalamnya. 

Anda bisa mengunjungi salah satu dari keenam wisata alam di Jawa Timur di atas. Provinsi ini memang memiliki sejumlah potensi yang perlu di explore lagi untuk menemukan tujuan liburan semakin banyak lagi.

Tags: 

Tinggalkan Balasan