7 Barang Wajib Dibawa Agar Solo Traveling Perdana Aman dan  Menyenangkan

headset bluetooth

Solo traveling memang memberikan sensasi yang berbeda. Anda bisa belajar untuk lebih berani, mulai dari memilih destinasi sampai merancang itinerary harus dilakukan secara mandiri.

Meskipun begitu memulai solo traveling perdana terkadang terasa sedikit berbeda. Anda bisa saja merasa khawatir dan bingung harus memulai persiapan, seperti menentukan barang apa saja yang harus dibawa. Tenang! Agar solo traveling lancar dan menyenangkan, pastikan agar beberapa barang penting ini tidak lupa Anda bawa ya!

Power Bank

Selain smartphone, power bank juga jadi benda wajib yang tidak boleh dilupakan saat solo traveling. Tidak mau kan dibuat repot kehabisan baterai ponsel saat ingin mengabadikan momen atau mencari informasi penting di tengah perjalanan. Ada baiknya juga Anda membawa travel adaptor terutama jika ingin berlibur ke luar negeri.

Tas Kecil atau Tas Pinggang

Walaupun sudah ada carrier atau koper untuk membawa segala perlengkapan liburan, tapi sebaiknya Anda juga membawa tas kecil atau tas pinggang ya. Tas ini akan penting untuk meletakkan barang-barang penting yang mungkin akan sering Anda keluarkan selama traveling, seperti handphone, dompet, atau power bank. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuka koper atau tas carrier setiap saat.

Obat-obatan P3K

Tidak ada salahnya berjaga-jaga membawa obat P3K saat solo traveling ya. Dengan membawa P3K seperti obat demam, sakit perut atau plester luka, setidaknya jika ada hal-hal darurat Anda tidak perlu repot harus mencari apotek atau toko obat terdekat. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan obat yang biasa dikonsumsi jika kamu ada riwayat penyakit, seperti obat alergi atau inhaler asma sehingga jika tiba-tiba kambuh, Anda tidak perlu repot untuk mencari di tempat asing. 

Headset

Saat solo traveling pertama kali, Anda bisa saja akan merasa bosan terutama jika perjalanan yang ditempuh cukup panjang. Itu sebabnya agar tidak mati gaya  jangan lupa untuk membawa headset ya. Anda juga bisa pilih membawa headset bluetooth yang lebih ringkas dan praktis. Dengan membawanya Anda bisa mendengarkan lagu kesukaan tanpa harus mengganggu orang di sekitar.

Botol Minum

Walaupun sebenarnya Anda bisa saja membeli air minum di perjalanan atau destinasi wisata, tapi membawa botol minum sendiri saat solo traveling juga tidak ada salahnya loh. Dengan membawa botol minum sendiri Anda bisa terhindar dari dehidrasi dan bisa lebih berhemat. Apalagi di beberapa tempat wisata sudah disediakan tempat isi ulang air minum. Tidak perlu menghabiskan budget lebih untuk membeli air mineral kan.

Jaket atau Parka

Benda ini jangan sampai dilupakan terutama kalau Anda mau liburan di tempat dengan suhu dingin dan cuaca tak menentu. Anda juga bisa pilih material jaket yang waterproof sehingga lebih aman dipakai ketika saat sedang hujan.

Tas Lipat

Anda sebaiknya juga membawa tas lipat atau foldable bag saat solo traveling. Tas ini bisa digunakan untuk mengantisipasi barang bawaan tambahan seperti oleh-oleh yang Anda beli di tempat wisata. Selain itu membawa foldable bag juga kan membantu mengurangi penggunaan plastik saat solo traveling. Tidak perlu juga takut semakin repot saat harus membawa tas ini ya. Bentuk tas ini sangat sederhana, bisa dilipat dan disimpan di mana saja termasuk saku celana kok.

Uang Tunai

Walaupun sekarang sistem pembayaran sudah serba digital, tapi sebaiknya Anda tetap menyiapkan sejumlah uang tunai saat solo traveling. Jika bepergian ke luar negeri, Anda bisa menukarkan uang tersebut ke mata uang setempat sebelum hari keberangkatan. Jumlahnya bisa Anda perkirakan sebelum berangkat, misalnya uang tunai hanya untuk pengeluaran di transportasi umum atau membeli makan saja. Hindari membawa jumlah yang terlalu berlebihan agar tetap aman ya.

Tinggalkan Balasan