Air Terjun Lapopu Sumba, Tempat Wisata Eksotis di Nusa Tenggara Timur

Menikmati percikan air terjun Lapopu Sumba dan ditemani kicauan burung di Taman Nasional Manupeu Tandaru, Sumba, memberikan pengalaman yang tak dapat dilupakan saat mengunjungi tempat wisata ini. Nusat Tenggara Timur terkenal dengan adat, budaya dan pemandangan alam yang sangat cantik. Terlebih Sumba dikenal pula dengan keindahan pemandangan alam berupa hamparan perbukitan yang eksotis, padang rumput yang subur serta iklim tropis yang menjadi pemikat tambahan destinasi wisata di Sumba.

Air Terjun Lapopu Sumba

Untuk anda yang suka jalan-jalan dan berpetualang di wisata alam, air terjun Lapopu di Sumba harus masuk daftar perjalanan. Ditempat ini pemandangan alamnya sangat mempesona dan udaranya masih sejuk khas kawasan wisata air terjun. Ditempat ini anda bisa bersantai sambil menikmati percikan air atau mengobrol santai sambil menikmati air yang mengalir. Belum banyak orang yang datang ke tempat ini, sehingga kondisinya masih alami. Air terjun ini mendadak terkenal karena unggahan foto di Instagram dan Facebook yang memamerkan kecantikanya. Tidak sedikit orang yang penasaran setelah melihat foto air terjun ini.

Air Terjun Lapopu Sumba Berbeda Dari Yang Lain

Tidak seperti air terjun pada umumnya, Lapopu adalah air terjun yang berasal dari goa dan airnya keluar memotong aliran sungai. Bentuk air terjun ini bertingkat atau berundak-undak dan kemiringanya sekitar 52 derajat. Air yang keluar dari Goa mengalir di sungai selebar 24 meter yang masih banyak ditumbuhi pohon besar. Air sungai yang berada dibawah jalur air terjun warnanya hijau kebiruan karena memiliki kandungan kapur. Tempat inilah yang menjadi spot foto favorit wisatawan dan membuat penasaran siapa saja yang melihatnya.

Baca ini juga : Wisata Jepang Kalinampu Natural Park di Bantul

Meskipun disekitar air terjun terdapat bebatuan beragam ukuran, pengunjung diperbolehkan untuk berenang sepuasnya. Perhatikan keselamatan saat berenang di tempat ini, karena bebatuan disekitarnya licin. Jika anda tidak bisa berenang sebaiknya bermain air di bawah aliran air terjun sembari berfoto selfie dengan rombongan.

Air Terjun Lapopu di Sumba dikelilingi oleh tebing tinggi yang berdiri gagah dan pepohonan besar. Air disini mengalir deras dari ketinggian kurang lebih 75 meter. Suara air yang jatuh kebawah sangat khas dan anda bisa menikmati segarnya air yang masih jernih ini. Selama di kawasan wisata ini pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan, berkata kasar dan sombong. Sebagai pengunjung yang baik bila datang ke objek wisata air terjun di Sumba sudah seharusnya kebersihan lingkungan dan bersyukur karena Indonesia mempunyai objek wisata alam yang sangat cantik.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Yang Tersedia

Setiap pengunjung yang ingin menikmati segarnya air sekaligus bermain air, diharuskan membayar harga tiket masuk wisata air terjun Lapopu sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan domestic dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara. Fasilitas yang disediakan antara lain toilet umum, tempat istirahat, warung makan dan tempat parkir kendaraan yang luas.

Baca ini juga : Eling Bening Tempat Wisata Terkenal di Semarang

Lokasi Air Terjun Lapopu Sumba Nusa Tenggara Timur

Obyek wisata air terjun di Sumba ini letaknya di area Taman Nasional Matalawa, desa Manura, Kecamatan Katikutana Selatan, Kab. Sumbe Tengah. Jarak tempuh dari pusatnya kota Waikabubak kurang lebih sekitar 28 km.

Galeri Foto Air Terjun Lapopu

air terjun lapopu di sumba tengah

Setelah membaca review air terjun lapopu Sumba anda tertarik untuk mengunjunginya? Ajak anggota keluarga atau teman-teman anda mengunjungi tempat wisata ini agar mendapatkan pengalaman berwisata yang sulit untuk dilupakan. Jangan lupa bawa juga kamera terbaik untuk foto-foto selama ditempat ini.

Leave a Reply