Bukit Selong Lombok Tempat Wisata Terkenal di NTB

Bukit Selong Lombok masuk dalam jajaran destinasi wisata terbaik dan favorit wisatawan saat menginjakan kaki di pulau Lombok. Pulau di Indonesia bagian tengah ini tidak hanya mempunyai objek wisata pantai saja, banyak deretan bukit dengan pesona alam yang indah menjadi daya pikat pariwisata pulau Lombok. Disini anda dapat melihat pemdangan hamparan sawah yang luas serta burung yang terbang kesana-kemari mencari makan di area persawahan.

Bukit Selong Lombok

Pemandangan yang ada ditempat wisata ini tidak hanya menyejukan mata, namun disini juga memberikan ketenangan dan anda bakal betah berlama-lama di bukit ini.

Baca ini juga : Spot foto keren di goa Pinus Batu

Letaknya berada di desa Sembalun, Lombok Timur. Bukit Selong Lombok saat ini menjadi tempat wisata andalan yang terus dikembangkan oleh pemerintah setempat. Bagi anda yang suka spot selfi di puncak namun takut naik keatas karena medan jalan yang sulit dan stamina yang kurang, bukit ini alternatif yang tepat untuk anda. Untuk menuju ke puncak bukit sudah tersedia anak tangga yang memudahkan anda naik keatas bukit. Selama berjalan di anak tangga kurang lebih 3 menit, anda bisa melihat pemandangan yang membuat anda lupa rasa lelah.

Daya Tarik Wisata Bukit Selong

Bukit ini berada di bawah bukit Anak Dara dan pengunjung bisa menikmati sepuasnya kemegahan bukit Anak Dara. Dibagian bawah terdapat hamparan yang luas yang menambah kekentalan suasana alam. Di bulan juli hingga agustus, pemandangan bukit Anak Dara berubah menjadi kuning karena pohon disana banyak yang mengering dan sumber air berkurang. Berbanding terbail saat bulan Desember hingga April, bukit berubah menjadi hijau menandakan pohon-pohon mulai subur.

pemandangan bukit selong

foto romantis di bukit selong

Keindahan pemandangan alam bukan satu-satunya daya tarik wisatawan, rumah adat desa Baleq yang berjejer rapi dengan atap rumah mengginakan daun menjadi daya tarik sendiri ditempat ini. Rumah adat tersebut asli buatan warga desa setempat dan terlihat mempesona jika dilihat dari atas bukit yang tingginya mencapai 2000 mdpl. Bila anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai bukit Selong, cobalah bertanya-tanya pada sesepuh setempat yang lebih tau banyak cerita tempat wisata tersebut.

Lokasi dan Rute ke Bukit Selong Lombok

Bukit Selong ini letaknya berada di kawasan desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalung, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dari pusat kota Mataram untuk ke lokasi bukit membutuhkan waktu tempuh 2 hingga 3 jam dengan kendaraan pribadi. Jangan lupa aktifkan aplikasi google maps di smartphone
anda agar lebih mudah menemukan rute menuju bukit.

Terdapat dua rute terdekat yang bisa anda pilih bisa ke lokasi wisata ini menggunakan kendaraan pribadi, yaitu :

  1. Lewat Jalur utara : Kota Mataram => menuju Senggigi => lewat Tanjug => Bayan => Sembayun Lawang
  2. Lewat Jalur timur : Jalan raya Mataram => ambil arah ke Sikur => Jalan Segara Anakand => Jalan Wisata Gunung Rinjani => Sembayun Lawang

Bila ragu-ragu dengan rute yang dilewati, janganlah sungkan untuk bertanya pada orang daripada anda tersesat ke arah yang tidak jelas. Gunakan juga Google Maps sebagai pemandu selama di perjalanan.

Itulah review tempat wisata Bukit Selong di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang dapat saya berikan melalui artikel. Jika mempunyai informasi tambah, tinggalkan saja di kolom komentar dan artikel ini segera saya update informasinya.

Leave a Reply