Mengintip Keindahan Embung Kledung Temanggung

Embung kledung Temanggung merupakan tempat wisata waduk yang dibangun oleh pemerintah setempat sebagai penampungan air. Jauh sebelum tempat ini terkenal digunakan warga sebagai sumbet air ketika musim kemarau datang dan menjadi tempat penampungan air raksasa disaat musim hujan. Lama kelamaan entah dari mana tempat ini semakin terkenal dan kini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah.

Embung Kledung Temanggung

Temanggung adalah sebuah wilayah kabupaten kecil dekat kota Semarang yang letaknya di provinsi Jawa Tengah. Temanggung berada diatas pegunungan, sehingga memiliki destinasi wisata menarik yang sering membuat traveller penasaran ingin mengunjunginya. Apabila ingin datang ke Temanggung sebaiknya membawa jaket atau pakaian tebal, sebab suhu udara disini lumayan dingin apalagi bila sedang turun hujan.

Embung yang satu ini berada di Temanggung, Jawa Tengah dan dibuat pertengahan tahun 2010. Kolam air raksasa yang mengisi cekungan bumi pertiwi ini dengan suguhan pemandangan gunung Sindoro dan gunung Sumbing sisi Selatan tidak kalah dengan keindahan wisata Jepang Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi yang berada di negeri Sakura. Embung Kledung di Temanggung ini berdiri di lahan bekas tembakau warga dengan luas tanah sekitar 83×83 meter.

Pesona lingkungan yang masih terlihat asri serta bercampur dengan udara kaki gunung begitu menyejukkan jiwa dan mata bagi siapa saja yang berkunjung kesana.

Spot Foto Instagramable di Embung Kledung Temanggung

Spot foto instagramable di Embung Keldung ini banyak sekali, setiap sudut terlihat bagus untuk berfoto karena gunung Sindoro maupun gunung Sumbing terlihat jelas. Di waduk yang penuh terisi air ini terdapat ikan koi yang jumlahnya mencapai puluhan. Bila ingin hasil jepretan terlihat semakin bagus, beri makan ikan terlebih dulu agar ikan terlihat dipermukaan air dan terlihat di foto anda. Bila berkunjung disaat cuaca sedang cerah, terlihat gunung Sindoro di permukaan air laut dan pastinya jepretan foto hasilnya semakin sempurna.

Adapun spot foto lainya yang disediakan pengelola untuk berfoto antara lain Kursi Gantung, Ayunan, Jembatan Warna serta Rumah pohon. Tidak itu saja, dikawasan Embung Kledung ini di jadikan pula sebagai Agrowisata. Dimana selain anda berwisata anda juga dapat belajar berbagai macam jenis tumbuhan, diantaranya Sayur, Buah, Bunga dll.

Harga Tiket Masuk Embung Kledung Terbaru

Harga tiket masuk Embung Kledung di Temanggung ini hanya Rp 5.000 per orang. Biaya parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 sedangkan untuk biaya parkir roda empat Rp 5.000. Bila datang di waktu libur panjang atau di hari minggu, sebaiknya datanglah pagi hari agar mudah mencari tempat parkir dan pengunjung masih sepi sehingga anda bisa lebih puas dalam menikmati keindahan panorama yang disuguhkan waduk ini.

Beragam Aktivitas Seru di Waduk Kledung

Tidak sebatas foto-foto dan menikmati keindahan alamnya saja, namun ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berada di tempat ini, yaitu :

Menikmati Keindahan Sunrise di Pagi Hari

Salah satu daya tarik tempat wisata alam ialah pemandangan sunrisenya. Pesona matahari menampakan diri dari bail tempat persembunyianya itu menjadi hal yang sangat dinanti penikmat pagi. Di waduk Embung Kledung, keindahan tersebut makin terasa greget dengan susunan alam yang cantik dan hamparan tumbuhan hijau.

Keindahan alam di Embung Kledung benar-benar memikat para wisatawan yang datang. Saking cantiknya, berada di tempat wisata Embung Kledung seakan-akan berada di bawah kaki Gunung Fuji, Jepang. Hal itu dikarenakan background Gunung Sumbing dan Sindoro terlihat mirip seperti suasana Gunung Fuji.

Baca juga : Pantai Wediombo di Jogja

Camping

Sebagai tempat wisata alam, pengelola menyediakan juga kegiatan seru yang berhubungan dengan alam. Salah satu kegiatan alam yang ada di Embung Kledung adalah camping atau berkemah. Tidak perlu khawatir apabila tak memiliki tenda kemah, karena disana tersedia penyewaan tenda kapasitas 4 orang.

Camping di Embung Kledung

Camping di Embung Kledung

Saya sarankan sebaiknya minta izin terlebih dulu pada pengelola sebelum memutuskan berkemah di waduk. Selanjutnya, pengunjung bisa menyewa tenda di loket penjagaan. Pembayaran biaya sewa tenda boleh dilakukan besok hari setelah acara campingnya selesai.

Memberi Makanan Ikan Yang Ada di Danau

Kegiatan seru berikutnya yang dapat dilakukan di wisata alam Embung Kledung Temanggung ialah memberi makan ikan yang ada di danau. Aneka ikan hias air tawar terdapat ditelaga yang sangat luas ini.

Ikan yang ada di waduk Embung Kledung

Agar lebih puas, pengunjung bisa membeli makanan ikan yang sudah disediakan pengelola.

Bermain Ayunan

Tidak seperti ayunan biasanya, pengunjung dapat merasakan sensasi berbeda ketika bermain ayunan di lokasi ini. Bagaimana tidak, pengunjung akan berayun persis di pinggir telaga dengan pemandnagan gunung yang cantik. Model ayunan yang tersedia di sini pun berbeda dari yang lainya.

Tidahanya bisa dinaiki satu orang, ayunannya bisa dinaiki untuk dua orang sekaligus. Dua orang yang berayun tidak saling berjejeran, namun berhadap-hadapan. Karena desain ayunanya mirip bangku di cafe, dimana selain bangku tersedia juga meja. Bagi pengunjung yang takut dengan ketinggian, ayunan ini saya rasa cukup menantang adrenalin. Rasa takut diwaktu menaiki ayunan ini akan terbayar dengan sensasi yang diperoleh. Jangan lupa untuk berfoto di atas ayunan, dengan atau tanpa makanan, hasil jepretan akan terlihat eksotis.

Berfoto Dengan Latar Belakang Danau dan Gunung

Tempat wisata alam yang ada di Temanggung ini memang sangat menonjolkan kecantikan panorama alam. Oleh karena itu beragam spot foto cantik pun sengaja dibuat oleh pengelola.

Tangga Warna-Warni

Untuk dapat melihat pemandangan utama di Embung Kledung, kita harus berjalan kaki ke atas. Kita akan melewati jalan setapak berbentuk tangga yang dihias dengan cat berwarna-warni. Di sepanjang jalan tersebut terdapat berbagai macam jenis tanaman yang mempercantik suasana.

Baca juga : Serunya berwisata ke Taman Nasional Komodo

Jangan sampai melewatkan momen spesial ini tanpa mengabadikannya ke dalam foto. Foto-foto dengan tangga warna-warni serta tanaman tentu sangat mengasyikkan. Yang perlu diingat, janganlah sekali-kali merusak tanaman apalagi boleh buang sampah sembarangan.

Lokasi Embung Kledung Temanggung & Rute Termudah

Alamat Lengkap
Alamat Embung Kledung ialah Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Rute Termudah Dari Magelang
Jika perjalanan dimulai dari magelang, ambilah jalur magelang wonosobo melalui secang. Ikuti terus jalur tersebut hingga sampai di perbatasan kledung, perbatasan wonosobo – temanggung. Di perbatasan itu ada satu pom bensin, setelah pom bensin terdapat kuburan kecil. Sebelum itu kuburan ada jalan setapak, di sisi kanan jalan.

jalan setapak tersebut itulah jalan untuk menuju embung kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan yang disusun rapi, sehingga kita harus sedikit berhati-hati saat melintasinya. jarak dari gang masuk hingga ke lokasi embung kledung kurang lebihnya 500 meter.

Leave a Reply