Ini Dia Syarat untuk Mengikuti Lelang Online


Bagi Anda yang masih asing, secara sederhana lelang online merupakan suatu proses membeli dan menjual barang atau jasa dengan cara menawarkan tawaran harga lebih tinggi, kemudian menjualnya kepada si penawar. Bahkan sekarang juga sudah bisa dilakukan melalui smartphone saja.

8 Syarat dan Ketentuan Mengikuti Lelang Online
Saat ini Anda sudah bisa mengikuti prosedur lelang melalui internet. Syarat dan ketentuan yang berlaku tentu sedikit berbeda dari biasanya, walaupun begitu aturan main masih sama. Berikut adalah hal yang bisa Anda persiapkan untuk ikut masuk dalam prosesnya:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi layanan lelang online yang sudah disiapkan oleh kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang. Kemudian bisa mendaftar sebagai dengan mengikuti aturan yang ada.
  2. Peserta lelang sudah menyetujui transaksi yang dilakukan melalui aplikasi lelang melalui internet tersebut. Anda juga tidak boleh melanggar peraturan terkait dengan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  3. Sebagai peserta, juga harus tunduk dan patuh pada semua peraturan tertulis yang berlaku di Indonesia. Lelang online biasanya juga memiliki aturan khusus terkait dengan penggunaan jaringan komunikasi dimana website berjalan.
  4. Bagi peserta yang baru saja bergabung dengan proses lelang, terdapat waktu khusus yang disebut server sebagai batasan saat tawar menawar harga. Pastikan Anda sudah bergabung dari awal agar tidak ada informasi yang tertinggal.
  5. Karena tidak adanya tatap muka dalam proses, maka dianggap melakukan penawaran secara sadar tanpa paksaan dari pihak manapun, untuk itu berhati-hatilah mengeluarkan harga ketika tawar menawar. Ketentuan lelang bersifat mengikat dan sah.
  6. Saling menjaga kerahasiaan anggota untuk menghindari adanya kemungkinan penyelundupan atau kecurangan dari masing-masing anggota. Untuk itu kerahasiaan dalam suatu aktivitas lelang sangat dijaga sekali.
  7. Tetap adanya penawaran terbuka dan tertutup setelah dilakukan penayangan objek. Namun tetap dibatasi oleh waktu server. Jangan khawatir walaupun dilakukan tanpa bertatap muka, prosedur lelang tetap dijalankan seperti biasanya.
  8. Lelang online diselesaikan dengan transaksi elektrik. Setelah deal dengan harga penawaran dan peserta lelang melakukan pembayaran atas nama dan objek tersebut,  nominal tersebut tidak bisa dikembalikan lagi atau ditarik atas alasan apapun.

Jenis-jenis Lelang yang Perlu diKetahui
Selain kegiatan yang dilakukan secara online, ada beberapa variasi dari bentuk dasar lelang, perbedaan terhadap waktu server, minimum atau maksimum batas harga penawaran. Untuk penjelasan lebih lanjut mari simak uraian dibawah ini:

Lelang Eksekusi
Lelang eksekusi sendiri merupakan jenis lelang yang digunakan untuk pelaksanaan hal-hal menyangkut eksekutorial atau putusan dari pengadilan, menyangkut harta yang sudah dinyatakan pailit. Sehingga dikuasai oleh Balai Harta Peninggalan, baik yang dimiliki oleh pribadi maupun suatu organisasi.

Selain itu lelang eksekusi juga termasuk untuk barang rampasan kejahatan, benda yang atas nama kepemilikan siapapun, pajak, dan masih banyak lagi, layanannya sudah ada di online maupun offline. Setiap badan pelelangan mempunyai aturan, pastikan Anda sudah membacanya dengan seksama.

Lelang Non Eksekusi Wajib
Berbeda dengan sebelumnya, lelang non eksekusi wajib merupakan kegiatan yang melaksanakan penjualan aset biasanya dari BUMN, BUMD, atau instansi pemerintahan lainnya. Lembaga yang ada di dalamnya tentu sudah tertuang dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di indonesia.

Jadi tidak bisa sembarangan lembaga masuk kedalamnya, contoh lelang yang biasanya dilakukan adalah lelang barang milik negara atau daerah, aset tetap dan barang jaminan yang diambil alih oleh lembaga negara dalam likuidasi.

itulah tadi beberapa ulasan terkait lelang online, pastikan Anda memanfaatkan hal tersebut semaksimal mungkin.

Tags: 

Tinggalkan Balasan