Kebun Buah Mangunan di Jogja, Negri Diatas Awan Yang Lagi Hits

Kebun buah Mangunan  di Jogja merupakan tempat wisata yang saat ini tengah viral di kalangan masyarakat Indonesia. Melalui akun media sosial Facebook dan Instagram, mereka yang sudah pernah kesana memamerkan kecantikan pemandangan alam di tempat rekreasi tersebut dan membuat rasa penasaran tinggi saat melihat foto yang diposting. Apa saja sih yang menjadi pemikat wisata kebun buah di Mangunan ini? Apa saja yang menarik sehingga bikin banyak orang penasaran? Selesaikan baca artikel ini dan semua rasa penasaran terjawab.

kebun buah mangunan di jogja

Objek wisata kebun buah Mangunan lokasinya berada di Kecamatan Dingo, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Berada di bukit dengan ketinggian 200 mdpl dan di kelilingi oleh bermacam jenis buah dan hawa dingin, setiap langkah kaki menuju puncak bukit ini terasa sangat mudah karena pandangan kita terlena dengan suguhan pemandangan yang sangat mempesona. Namun hati-hati saat menuju ke puncak bukit, kabut tebal bisa datang kapan saja dan sedikit mengganggu jarak pandang mata.

Baca juga : Keunikan museum kata di Belitung

Sejarah di Bangunya Kebun Buah Mangunan

Berdasarkan informasi yang berhasil saya kumpulkan, tempat rekreasi keluarga kebun Buah Mangunan ini pertama kali dibangun pemerintah daerah Kabupaten Bantul di tahun 2003 silam. Luas kebun yang dimiliki oleh Pemerintah ini mencapai 23 hektare dan ditanami berbagai macam jenis buah yang dapat tumbuh subur di tempat dingin. Selain terdapat buah-buahan, ada pula penangkaran hewab Rusa yang dapat dilihat secara gratis.

Sejak pertama kali dibuka untuk umum, kebun buah ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Terlebih jika musim liburan datang, pihak pengelola sampai kewalahan karena banyaknya jumlah pengunjung yang datang. Berapa harga tiket masuknya ? Harga tiket masuk tempat berilibur kebun buah Mangunan di Yogyakarta hanya Rp 5.000 per orang, parkir motor hanya Rp 3.000 saja sedangkan parkir mobil sekitar Rp 5.000. Jalan setapak dan anak tangga sudah disiapkan, sehingga tidak sulit untuk naik ke atas bukit.

Anak tangga untuk naik ke puncak bukit Kebun Buah Mangunan

Anak tangga untuk naik ke puncak dan turun dari puncak bukit kebun buah mangunan

Untuk anda yang suka dengan wisata alam atau pikiran sedang jenuh, wisata kebun buah di Kabupaten Bantul ini sebaiknya adan kunjungi. Dari ketinggian 200 mdpl, kita dapat melihat pemandangan pegunungan seribu yang berjejer rapi dan sungai oya yang letaknya persis dibawah bukit ini. Saat berada di gardu pandang, sepanjang mata memandang disuguhi oleh pemandangan pegunungan hijau yang masih asri dan sangat luas. Di gardu pandang ini juga menjadi tempat foto favorit bagi wisatawan karena pemandanganya sangat bagus.

Waktu Terbaik Mengunjungi Kebun Buah di Mangunan

Ingin mendapatkan hasil jepretan yang bikin iri? Sebaiknya tiba di gerbang pandang sebelum sunrise. Kita bisa mendapat hasil jepretan pemandangan yang sangat bagus seperti berada di negri atas awan saat berada di puncak kebun buah mangunan. Kabut putih yang menutupi dataran disekitar pegunungan menciptakan kesan seolah-olah kita sedang berada berada di atas awan. Pemandangan saat sunrise inilah yang menjadi daya pikat, sehingga wisatawan rela mendaki pagi hari untuk melihat pemandangan yang luar biasa cantiknya.

Pemandangan saat sunrise dan kabut sedang berkumpul

Pemandangan saat sunrise dan kabut sedang berkumpul

Pemandangan saat Sunset juga tidak kalah bagusnya dari gardu pandang. Tidak sedikit wisatawan yang rela turun sampai malam hari untuk melihat keindahan sunset dari atas bukit. Namun tidak seperti saat Sunrise, kabut tebal jarang terlihat ketika sore hari. Jika ingin melihat sunset, sebaiknya bawa alat penerangan. Sebab saat kita menuruni bukit melawati anak tangga membutuhkan alat penerangan tambahan.

Baca juga : Goa Pindul Jogja, destinasi wisata keluarga favorit

Apa Saja Yang Menarik di Kebuan Buah Mangunan Jogja Ini ?

  1. Udaranya sangat sejuk dan pemadanganya cantik sekali. Kebun buah mangunan letaknya berada di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jaraknya kurang lebih 15 km dari kota Bantul dan sekitar 35 km dari pusat kota Jogja. Kebun ini awal di bangun pada tahun 2003 dengan luas lahan mencapai 23.3515 hektar diatas ketinggian 200 meter. Titik ketinggian inilah yang memberikan udara sejuk serta hijaunya hamparan pegunungan seribu.
  2. Pantai Parang Tritis dan kota Bantul terlihat dari gerbang pandang ini. Wisatawan disuguhkan pemandangan pantai Parang Tritis bagian selatan yang sangat indah. Pemandangan kabupaten Bantul bagian selatan serta sungai Oya juga terlihat jelas. Di kebun buah ini terdapat populasi monyet liar yang menjadi daya tarik tersendiri.
  3. Liburan sekaligus belajar mengenai tumbuh-tumbuhan secara langsung. Potensi wisata edukasi yang bisa kita pelajari adalah mengamati berbagai ragam jenis buah-buahan seperti mangga, rambutan, durian, jambu air, jeruk, manggis, duku, sawo, matoa, jambu biji, kelengkeng, belimbing dan cempedak. Untuk menambah kesan asri dan udara semakin sejuk, disana terdapat tanaman jati, salak sebagai pagar hidup, pinus, king grass dan magium.
  4. Belajar proses pembibitan hewan ternak sapi. Adanya program pembibitan sapi bertujuan untuk menambah jumlah populasi sapi ternak dan menambah jumlah pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi. Pupuk kandang inilah yang digunakan pada tanaman agar selalu tumbuh subur.
  5. Terdapat penginapan murah, kolam renang, gazebo, musholla dan gedung pertemuan.

Nah itulah ulasan dari wisataalam.co.id mengenai objek wisata kebun buah mangunan di kota jogja yang bisa saya bagikan. Mangunan adalah lokasi wisata, jika kamu batal berkunjung ke kebun buah, bisa juga datang ke tempat wisata lain seperti lokasi downhill dan outbound yang letaknya tidak jauh dari kebun Mangunan.

Leave a Reply