Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB.

Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme.

Prosedur ralat, Koreksi Revisi dan hak jawab wisataalam.co.id

Permohonan untuk meralat, koreksi ulang, revisi taupun hak jawab yang berkaitan artikel yang telah di publikasikan oleh tim wisataalam.co.id melalui pengiriman email atau surat elektronik ke anggita@wisataalam.co.id dengan subjek “Mohon Koreksi”.

Dalam email yang dikirimkan, pemohon harus menyertakan identitas yang jelas, menerangkan bagian yang harus di perbaiki oleh tim penulis kami.

Pada halaman disclaimer sudah kami jelaskan bahwa gambar yang di gunakan pada situs ini merupakan bebas lisensi, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan yang tidak di sengaja dengan mengambil gambar berlisensi tanpa seijin dari pemilik gambar. Bila pemiliki gambar merasa keberatan hasil karyanya kami gunakan, silahkan kirim email dan gambar segera kami ganti.