Museum Angkut Malang, Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Museum Angkut Malang Jawa Timur merupakan salah satu museum khusus transportasi pertama yang ada di Malang. Pada museum ini terdapat berbagai macam transportasi dari berbagai jenis dan juga daerah yang di abadikan di dalam museum tersebut. Museum ini sendiri merupakan salah satu Museum angkut transportasi terbesar di Indonesia, bahkan di Asia. Museum ini di dirikan sebagai bentuk apresiasi untuk para pencinta dan juga penghobi transportasi yang didunia.

museum angkut malang

Selain itu museum ini bertujuan untuk melihat dan mengabadikan perkembangan transportasi dari tahun ke tahun, untuk bisa di kenang. Museum ini telah resmi dibuka dan dijadikan sebagai tempat wisata pada tanggal 9 Maret 2014, dengan luas bangunan berkisar 3,8 hektar. Museum ini masuk ke dalam bagian dari Jatim Park 2 dengan keindahan yang berbeda dari museum pada umumnya. Tempat wisata ini selalu diramaikan oleh para pengunjung dari berbagai tempat yang ingin menikmati dan melihat momen abadi perkembangan transportasi.

Keunggulan Museum Angkut di Batu Malang

Museum ini memiliki beberapa keunggulan yang sangat menarik dan menjadi ciri khas utamanya, sehingga tidak heran jika banyak peminatnya. Museum Angkut atau yang biasa dikenal sebagai Museum Angkut Batu Malang ini memiliki jumlah transportasi sebanyak 525. Angkutan yang ada di tempat itu terdiri dari 300 alat transportasi dari berbagai jenis, merek, dan negara yang di Indonesia. Selain itu transportasi yang ada di sana juga terdiri dari 225 jenis alat transportasi modern dan juga  tradisional.

mobil kuno museum angkut malang

Museum ini memiliki keunikan tersendiri sehingga tidak heran jika harga tiket masuk museum angkut ini cukup jauh dari museum lainnya.  Kendaraan yang ada di tempat ini merupakan berbagai jenis kendaraan dari non mesin hingga listrik, kendaraan zaman dahulu hingga yang masih digunakan hingga saat ini. Anda akan merasakan seperti sedang berada di negara asli dari kendaraan tersebut, hal ini karena konsepnya yang dibuat mirip seperti negara asalnya. Koleksi kendaraan ini diletakkan di setiap tempat dan dibagi per zona pada lantai bertingkat pada ruangan kendaraan tersebut.

Baca juga : Kumpulan Wisata hits di kota Malang

Anda juga di harapkan bersabar jika museum ini ramai oleh pengunjung Anda harus antre terlebih dahulu karena jam buka Museum Angkut Malang sedikit lebih siang. Anda dapat berkeliling dan juga melihat berbagai koleksi kendaraan yang ada di setiap sudut dan ruangan pada museum ini, dengan tema latar negara asal. Selain berkeliling Anda juga dapat mengambil gambar di sekitar museum, ataupun berfoto dengan kendaraan tersebut. Tempat ini sendiri merupakan salah satu spot foto yang unik dan menarik untuk dijadikan momen bergambar yang instagramable.

Zona Menarik di Museum Angkut

Museum ini dibagi menjadi beberapa zona, dengan tema yang disesuaikan dengan negara penghasil dan pencipta kendaraan tersebut. Adanya berbagai jenis bangunan Landmark yang menjadi baground dari tempat ini.  Berikut ini merupakan beberapa zona menarik yang disediakan oleh museum angkut ini sendiri.

wahana zona eropa di museum angkut malang

  1. Zona Edukasi

Pada zona ini akan diberikan berbagai pengetahuan dan penjelasan mengenai alat transportasi yang ada di pameran museum tersebut. Penjelasan tersebut berisikan sejarah awal dari kendaraan tersebut, bagaimana mesin dan cara menggunakannya, serta tahun dibuatnya kendaraan itu.  Zona ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai otomotif, atau ingin memberikan pengetahuan kepada anak.

  1. Zona Eropa

Anda akan disuguhkan oleh pemandangan baground negara Eropa dengan sajian kendaraan yang khas dan berasal dari negara tersebut. Deretan kendaraan ini terdiri dari berbagai jenis kendaraan yang pernah mengisi dan populer di negara-negara besar. Kendaraan yang ada di zona Eropa ini ialah kendaraan yang berasal dari Prancis, Italia, Jerman, dan juga inggris.

  1. Zona Hall Utama

Tempat ini merupakan zona utama yang akan Anda temui saat memasuki Museum transportasi Malang tersebut, tempatnya yang luas seperti aula dan juga megah. Tempat ini memiliki berbagai jenis transportasi atau kendaraan yang pernah digunakan dari jaman ke jaman. Anda akan disuguhkan dengan kendaraan yang berkembang dari negara asal kendaraan tersebut.

  1. Zona Gangster Town dan Broadway Street

Zona ini sangat cocok untuk Anda yang sangat menyukai film gangster Amerika yang populer. Tempat ini di desain semirip mungkin dengan lokasi pada tempat-tempat yang ada di film gangster tersebut. Hal ini membuat Anda akan merasakan berada di tempat aslinya, dan mampu merasakan suasana lokasi tempat film itu berlangsung.

  1. Zona Hollywood

Tempat ini merupakan salah satu lokasi yang dikhususkan untuk kendaraan yang berada di negara Hollywood. Segala jenis kendaraan yang berada di Hollywood yang berkembang dari waktu ke waktu. Tema yang ada di zona ini sendiri sangat mirip dan sesuai dengan negara asalnya, untuk menciptakan kesan yang nyata.

Jam Buka Museum Angkut Batu Malang

Museum di Malang ini memiliki banyak sekali zona yang berkisar lebih dari 10 zona pada setiap ruangannya. Jam buka dari museum ini sendiri yaitu pada pukul 12.00 siang sampai dengan pukul 22.00 malam. Hal ini dikarenakan para petugas yang ada di museum harus membersihkan museum, mengecek kendaraan dan memastikan semuanya baik-baik saja.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut Malang Terbaru

Harga tiket museum saat hari Senin sampai dengan Kamis yaitu Rp. 70.000,- per orang, sedangkan untuk hari weekend atau hari besar lainnya adalah Rp. 100.000,- per orang. Tempat beralamatkan di Jalan Terusan Sultan Agung No.02, Kota Batu, Jawa Timur. Rute yang di lalui untuk menuju Museum Angkut di Jawa Timur ini sangat mudah bisa naik bus ataupun angkutan umum.

Hotel Murah Dekat Wisata Museum Angkut di Malang

Sangat disayangkan jika sudah jauh-jauh datang kesini namun belum bisa mneikmati semua wahana yang ada karena keterbatasan waktu. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, anda membutuhkan tempat penginapan yang harganya terjangkau serta dekat lokasi museum tersebut.

penginapan dekat museum angkut malang

Oleh karenanya wisataalam.co.id coba membagikan beberapa informasi penting mengenai daftar hotel yang murah dekat museum angkut batu malang yang berguna untuk anda semua.

Zam Zam Hotel & Convention

Lokasinya tidak jauh dari museum, hanya berjarak 0.6 km saja. Hotel ini termasuk bintang tiga dan telah tersertifikasi nasional. Fasilitas yang disediakan Antara lain Kasur yang nyaman, pendingin ruangan, lemari es, mini bar LED TV lengkap dengan channel kesayanganmu, bantal yang empuk dan lainya. Harga per malamnya mulai dari 350 ribuan.

Baca juga : Mojosemi Forest Park, penginapan di tengah hutan

Aston Inn Batu

Hotel ini jarakanya hanya 0.4 km dari lokasi wisata museum yang terkenal di Batu Malang. Karena jaraknya yang dekat, penginapan ini sering menjadi pilihan utama bagi wisatawan luar daerah. Pemandangan di pagi hari yang bagus dan kebersihan yang selalu terjaga merupakan beberapa keunggunal yang terdapat pada hotel Aston Inn Batu. Harga menginap per malam mulai dari 480 ribuan.

Samara Resort Batu

Meskipun penginapan ini termasuk bintang tiga, fasilitasnya dinilai tamu yang menginap cukup memadai. Berdasarkan pantuan dari beberapa aplikasi pesan hotel, penginapan ini mendapatkan rating yang lumayan. Terdapat fasilitas parker yang luas, taman bermain anak dan keluarga, sarapan gratis dan internet wifi kecepatan tinggi menjadi daya tarik Samara Resort Batu. Berjarak 1.2 km dari museum serta harga menginap mulai 360 ribuan per malam, penginapan ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

Itulah yang dapat saya berikan review museum Angkut Batu Malang dan penginapan murah yang lokasinya terdekat dari lokasi wisata. Semoga apa yang saya sajikan ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk anda.

 

Leave a Reply