Pantai Wediombo Jogja & Harga Tiket Masuk Terbaru

Pantai Wediombo Jogja – Hingga saat ini pantai masih menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal, terlebih lagi di Yogyakarta yang notabenya terkenal dengan tempat wisata pantai dengan panorama yang begitu luar biasa. Kota yang dijuluki sebagai ‘kota pelajar’ ini mempunyai banyak pantai yang tersebar di berbagai pelosok daerah, salah satunya di Gunungkidul yang terkenal dengan pantai Wediombo. Hingga saat ini pantai yang masih menjadi incaran wisatawan di kota gudeg ini ialah Pantai Wediombo.

Pantai Wediombi Jogja

Wediombo berasal dari Bahasa Jawa dimana artinya ‘wedi’ adalah ‘pasir’ sedangkan ‘ombo’ yangartinya ‘luas’. Apabila digabungkan, Wediombo berarti hamparan pasir yang luas. Bukan hanya sekedar namanya saja, pantai ini benar-benar mempunyai lokasi yang luas dibandingkan dengan pantai lainnya di satu wilayah.

Baca juga : Kebun buah Mangunan di Jogja yang lagi hits

Pantai Wediombo ini terletak di wilayah Jepitu, Girisubo, Gunungkidul dan sekaligus menjadi pantai yang letaknya berada paling ujung daripada pantai yang lain. Waktu tempuh perjalanan membutuhjan sekitar 2,5 jam dari pusat kota Jogja dengan melalui jalur darat.

Harga Tiket Masuk Terbaru Pantai Wediombo di Jogja

Bila ingin menikmati wisata pantai Wediombo di Gunung Kidul ini dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk setiap orang. Apabila sudah sampai ke tempat parkir, kita diharuskan membayar lagi tiket parkir sejumlah Rp 3.000,- untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Disini kita harus jalan kaki melewati anak tangga apabila sudah tiba di tempat parkir kendaraan, kurang lebih kita akan berjalan selama 15-20 menit dengan berjalan santai.

Rute Termudah Menuju Pantai Wediombo Kota Jogja

Kita bisa memilih beberapa jalur untuk mencapai tempat wisata pantai Wediombo Wonosari ini, namun disini saya berikan rute termudah menuju Pantai agar tidak tersesat dijalan. Meskipun lokasi pantai ini letaknya di bagian paling barat Kabupaten Gunungkidul, namun pantai ini tidak pernah sepi dari wisatawan.

Tidak hanya wisatawan dari dalam negri saja, namun Wediombo sudah menjadi destinasi wisata wajib bagi wisatawan turis asing karena lokasinya yang terkenal dengan hamparan batu karang, pasir yang luas dan bersih, dan air laut yang bening.

Baca juga : Harga tiket masuk terbaru Goa Pindul

Berikut ini beberapa rute tercepat dan termudah yang dapat memandu kita untuk bisa singgah ke Pantai Wediombo :

Rute Utama

Dari kota Yogyakarta menuju Wonosari, ambil arah ke Desa Mulo, belokke kiri ambil arah ke Jepitu, belok ke kanan dan tinggal mengikuti arah ke Pantai Wediombo.

Ruter Alternatif

Ambil Jalan Wonosari-Mulo setelah itu arah lurus ke arah Pantai Baron ada pertigaan belok ke arah Pantai Kukup-Tepus-Jepitu belok ke kanan-ikuti arah ke Pantai Wediombo.

Rute Dari Timur

Praci Wonogiri-Rongkop ambil jalur ke arah Nglindur-Pasar Ngrancah belok ke kanan-Jepitu belok ke kiri- ikuti terus jalan lurus ke arah Pantai Wediombo.

Rute-rute perjalanan diatas bisa menjadi pilihan untuk kita yang ingin liburan dan berwisata keluarga di Pantai Wediombo Yogyakarta. Pastikan kita sedang berada di daerah yang paling dekat dengan beberapa pilihan rute diatas, jangan sampai malah kita salah dalam menentukan pilihan rute menuju pantai. Rute perjalanan melalui jalur alternatif justru membutuhkan waktu yang lebih banyak, dibanding dengan ketiga rute lainnya.

Kegiatan Yang Bisa Kita Lakukan di Pantai Wediombo

Berenang di Kolam Alami

Alasan yang paling kuat kenapa para wisatawan ingin berkunjung ke Pantai Wediombo karena pantai di Gunung Kidul ini dapat kita gunakan untuk berenang dan mandi dengan menggunakan air kolam alami. Salah satu titik di area pantai ini mempunyai sebuah kolam alami dengan air yang sangat jernih dan berbatas langsung dengan batu karang, tampak seolah-olah seperti kolam.

kolam yang sering dijadikan tempat berenang

Kolam yang satu ini merupakan tempat favorit para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Wediombo karena biasanya wisatawan berenang atau sekedar berfoto di kola mini.

Menikmati Sunset

Hamparan batu karang yang terdapat di area pantai membuat pantai tampak kian instagramable yang biasa dijadikan untuk spot foto-foto. Belum cukup sampai disitu, keindahan hamparan batu karang yang luas ini menjadi pantai yang tepat untuk menikmati suasana sunset atau sunrise. Batu karang yang luas di pantai ini menjadikan ombak di pantai terasa lebih kencang, jadi bagi kita yang berfoto di area batu karang tengah pantai sebaiknya tetap berhati-hati.

Camping

Tidak hanya digunakan untuk berenang dan untuk lokasi hunting sunset saja, namun pantai ini tidak jarang digunakan wisatawan untuk bercamping dengan teman-teman atau sekedar liburan murah dengan keluarga. Bagian tepi pantainya yang tampak cukup luas biasa digunakan sebagai tempat camping dan mengadakan acara api unggun bersama teman-teman.

Tempat camping pantai Wediombo di Jogja

Tidak hanya sebagai pantai yang tepat untuk kegiatan berenang dan hunting untuk sunset serta berfoto instagramable, Pantai Wediombo sudah dikembangkan menjadi pantai yang bisa digunakan untuk camping. Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet, tempat beribadah, area parkir kendaraan yang luas, dan berbagai macam warung yang menjual aneka makanan olahan laut seperti kepiting, ikan-ikanan, bahkan udang.

Baca juga : Serunya liburan di Taman Nasional Komodo

Beberapa warung yang berdiri di area pantai ini bisa kita jadikan sebagai pilihan untuj menghabiskan waktu seharian bersama teman-teman dan keluarga di akhir pekan. Jika berkunjung ke kota pelajar dan berniat mengelilingi seluruh pantai di Jogja, sempatkan berkunjung ke Pantai Wediombo yang akan memberikan cerita perjalanan yang tidak bisa dilupakan.