Rencana Berlibur ke Copenhagen? Kunjungi Tempat Wisata Ini

Tempat wisata Copenhagen – Copenhagen mendapatkan gelar the world’s best non-native english speaker, jadi jangan takut bila ingin menjelajahi kota ini sendirian. Selain penduduknya ramah, tingkat kejahatannya pun sangatlah rendah. Tapi tetap berhati-hati ya. Berkeliling kota dengan berjalan kaki merupakan pilihan terbaik karena dapat menikmati keindahan kota kecil ini secara total, tetapi bila ingin menggunakan moda transportasi umum sangatlah mudah, atau barangkali ingin menjelajahi kota dengan bersepeda? Dengan julukan kota bicycle-friendly tidaklah heran bila jalur sepeda terbentang hampir 400 km, dibedakan dengan jalur pejalan kaki dan jalur kendaraan.

tempat wisata copenhagen

Sekitar 75% penduduk lokal menggunakan sepeda untuk alat transportasi sehari-hari loh. Penyewaan sepeda pun banyak tersebar di Copenhagen ataupun kamu dapat melakukannya secara online. Taksi juga merupakan moda kendaraan alternatif walaupun terbilang agak mahal. Bila kamu hendak menggunakan kartu kredit, harap memberitahukan pada supir taksi di awal perjalanan.

Distrik Kota Tua Terkenal di Copenhagen

Kota Copenhagen dibagi menjadi beberapa distrik, salah satu yang paling banyak dikunjungi turis adalah Indre By (Inner City). Dikenal sebagai downtown Copenhagen merupakan wilayah kota tua yang dipenuhi dengan bangunan bersejarah, monumen, gereja, jalan-jalan sempit berliku dan tempat berbelanja. selebihnya adalah Christianshvn (Christian’s harbour), Vesterbro (western brigde), Norrebro (northern bridge), Osterbro (eastern bridge), Frederiksberg, dan beberapa distrik lainnya.

Baca juga : Keindahan panorama Embung Kledung Temanggung

Bagi kamu yang menyukai berbelanja, pasti akan menyukai daerah Stroget/Hojbro Plads. Jalur pejalan kaki terpanjang di Eropa, membentang lebih dari 1,1 km, dipenuhi toko-toko mulai dari waralaba yang ramah kantong sampai dengan merk terkenal dunia, coffee shops hingga restaurant. Melalui City Hall sampai dengan Kongens Nytorv square. Mulai dari Frederiksberggade, Nygade, Vimmelskaftet, Ostergade, Nytorv square, Gammeltorv Square dan Amagertorv Square.

Suasana Hojbro Plads di malam hari

Suasana Hojbro Plads di malam hari

Selain disini, kamu juga dapat mengunjungi Pilestræde dan Larsbjørnsstræde. Pada hari libur besar toko-toko akan tutup, sedangkan untuk jam buka pada hari biasa bervariasi biasanya departement store dan supermarket buka lebih lama. Night club dan bar buka hingga pukul 5 atau 6 pagi.

City Hall Square Copenhagen

Dimulai dari City Hall / Latin Square, bangunan yang diresmikan tahun 1905 ini mempunyai menara yang merupakan salah satu bangunan tertinggi di Kota Copenhagen. Kamu dapat masuk dengan biaya 30 Kr. Masih di dalam City Hall Square, di sebelah air mancur patung naga, terdapat batu granit yang disebut zero kilometer stone. Menunjukan bahwa kamu berada tepat di tengah Kota Copenhagen. Di tempat ini pula dibangun Metro station baru yang selesai pada tahun 2018. Hanya beberapa menit berjalan kaki dari City Hall, terdapat taman yang sangat terkenal, merupakan tempat favorit penulis terkenal Hans Christian Andersen dan Walt Disney.

Tivoly Garden, termasuk taman yang wajib kamu kunjungi, bukan hanya karena taman ini merupakan taman kedua tertua di dunia, tetapi juga terbesar. Dibangun pada tahun 1842, Tivoli garden selalu dihias berdasarkan tema festival yang berbeda-beda. Wahana permainan, pavilion, panggung terbuka dan permainan karnaval bahkan pesta kembang api pada sabtu malam memeriahkan suasana taman ini.

Tivoly Garden

Tivoly Garden

Cobalah naik roller coasters tertua di dunia, yang pastinya telah direnovasi sehingga aman untuk dinaiki. Pada malam hari taman ini disulap dengan ornamen-ornamen dan lampu berwarna-warni sehingga mirip di negeri dongeng. Sepertinya Walt Disney terinspirasi taman ini ya saat membangun Disney park/ world. Harga masuk Tivoli Garden untuk dewasa 120 Kr dan hari Jumat malam 160 Kr, sedangkan untuk anak-anak tidak dipungut bayaran.

Nyhavn, Dermaga Cantik Sejak Abad 17

Daerah yang merupakan favorit saya adalah Nyhavn. Kanal tepi laut abad 17 dengan kawasan hiburan disekitarnya. Kamu pun pasti akan terpesona oleh indahnya bangunanbangunan abad pertengahan yang berwarna-warni di sepanjang kanal, dipenuhi toko-toko, bar, restorants, caffee shops dan tempat hiburan yang hampir 24 jam beroperasi. Julukan “the longest outdoor bar in Scandinavia” rupanya sangat cocok untuk Nyhavn. Sekilas, mirip dengan Kota Amsterdam dan kanal-kanalnya, cuma Nyhavn sangatlah hidup dengan warna-warni bangunan dan keramaian pengunjungnya.

Baca juga : 6 Destinasi Wisata religi di Tibet

Sejak dibangun sampai sekarang tidak banyak bangunan yang berubah, pada masa itu berfungsi untuk menghubungkan Kongens Nytorv, salah satu square terbesar di Copenhagen dengan dermaga menuju laut. Nah, kamu dapat duduk bersantai di salah satu caffe shop sambil menikmati secangkir kopi dan menghirup udara laut yang segar, atau kamu juga bisa ikut cannal tour menggunakan boat yang dimulai di daerah Nyhavn atau Ved Stranden.

Saya sih merekomendasikannya karena kamu bisa melihat Christiansborg Slot, Christianshavn, the Royal Library, Opera House, Amalienborg Palace dan the Little Mermaid yang dilewati oleh tour ini. Tidak perlu capek berjalan kaki, tinggal duduk di dalam kapal kecil dan mendengarkan penjelasan dari tour guide. Atau dapat juga dengan membeli Freedom ticket seharga 200Kr untuk 2 hari hop-on hop-off service canal tour dan double decker sightseeing buses yang dioperasikan oleh DFDS Canal tours , jadi bisa lebih berhemat.

Atau bila kamu hanya ingin menggunakan perahu sebagai transportasi (tanpa memasuki kanal- kanal) ada Public harbour bus, yang menggunakan tiket sama dengan tiket bis dan metro.

Salah satu landmark yang paling terkenal di Copenhagen adalah The Little Mermaid. Berasal dari salah satu judul buku cerita ternama dari penulis asal kota ini, Hans Christian Andersen, Little Mermaid diabadikan oleh Edvard Eriksen dalam bentuk patung perunggu lebih dari 100 tahun yang lalu. Terdapat beberapa Palace di dalam kota tua Copenhagen, seperti Christianborg Palace, dan Amalienborg Palace.

Christianborg Palace

Christianborg Palace

Christianborg Palace merupakan bangunan baroque yang berada di pulau kecil bernama Slotsholmen, juga merupakan rumah dari Danish Parliament/Folkrtinget, Mahkamah Agung dan Kantor Perdana Menteri. Sampai saat ini keluarga kerajaanmasih menggunakan kerajaan untuk menggelar kegiatan dan acara kenegaraan. Perayaan kenegaraan dilakukan di Tower Room dan Oval Throne Room dimana Ratu menerima utusan negara-negara asing. Dulu The Thorne Room adalah tempat dimana para penguasa Denmark merayakan kemenangan mereka.

Baca juga : Keindahan yang tersembunyi di kota Valencia

Bila kamu berminat berkunjung kesini, harga tiket masuknya sebesar 150Kr, tetapi bila tidak semua bangunan ingin dimasuki, maka harga tiket akan lebih murah. Sementara di Amalienborg Palace, merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan. Kamu juga dapat berkunjung ke dalam museum yang ada disamping Palace, yang paling dinantikan para turis adalah pergantian penjaga / changing of the guards, dilakukan tepat pada jam 12 siang. Para penjaga berbaris dari barak mereka di Rosenborg Castle menuju Amalienborg Palace.

Transportasi Umum di Copenhagen

Copenhagen merupakan kota yang kecil, terbagi menjadi beberapa bagian dan sangatlah mudah dijelajahi. Sistem transportasi kota ini berdasarkan zona. Bila bingung membaca zona transportasi, tanyalah kepada orang lokal karena memang agak rumit bagi turis asing untuk membacanya. Tiket berlaku untuk kereta api, metro dan bis. Dapat beralih dari satu moda transportasi ke yang lainnya selama belum mencapai waktu/jam yang tertera di tiket kamu. Harga tiket termurah adalah 24 kr untuk dewasa sejauh 2 zona.

ticket vending machine

Ticket vending machine di Kastrup Airport

Tiket dapat dibeli pada ticket office, ticket vending machine ataupun pada supir bis di atas kendaraan. Atau kamu dapat membeli City Pass dengan penggunaan unlimited antara zona 1-4, dengan harga 80/40 Kr untuk 24 jam, 200/100 Kr untuk 72 jam (dewasa/anak). Alternatif lain adalah membeli Copenhagen Card yang dapat digunakan selain untuk transportasi antar region juga untuk tiket masuk gratis ke lebih dari 60 museum dan tempat wisata dengan harga 229 Kr untuk 24 jam, 459 Kr untuk 72 jam. Namun perlu diingat bahwa pada hari minggu dan senin kebanyakan museum tutup ataupun mengratiskan pengunjungnya. Lumayan untuk menghemat biaya.

Leave a Reply