Tempat Wisata di Budapest Anti Mainstream

Tempat Wisata di Budapest – Layaknya sebuah museum raksasa dengan beragam produk seni yang mempunyai nilai sejarah tinggi. Begitulah sekiranya gambaran Budapest, dimana kita dapan menemukan gedung-gedung yang telah berdiri sejak ratusan tahun dengan khas keindahan gaya artsitekturnya bertebaran di setiap sudut kota.

Tempat Wisata di Budapest

Budapest sendiri terletak di atas wilayah yang lebih tinggi dimana kita dapat melihat Budapest Castle berdiri kokoh dengan keindahannya. Di daerah Castle District ini pun terdapat gereja St. Matthias dan Fisherman’s Bastion. Setelah melewati beberapa perhentian subway, saya tiba di lapangan besar dengan sebuah monumen tinggi mirip seperti monas yang disebut Millenium Memorial. Dikenal dengan sebutan Heroes Square, di kompleks ini juga dibangun patung-patung untuk memperingati pahlawan-pahlawan nasional kemerdekaan bangsa Hungaria. Menurut sejarah, Kota Budapest dibebaskan dari zaman pemerintahan Romawi di tahun 896 oleh tujuh kepala Suku Magyars. Beberapa gedung juga menempati kompleks Heroe’s Square ini seperti Museum of Fine Arts dan Budapest Palace of Arts.

Istana Vajdahunyad Yang Tampak Megah

Isatana Vajdahunyad

Selain Budapest Castle yang sudah lebih tersohor namanya, kota ini juga memiliki istana lain yang juga tak kalah indah, yaitu istana Vajdahunyad yang tampak megah. Uniknya istana ini terletak sedikit tersembunyi di tengah taman kota (City Park) di Szechenyi Island. Kompleks bangunan istana ini dibangun di tahun 1896 sebagai bagian dari Millenial Exhibition untuk merayakan 1000 tahun sejarah budaya arsitektur Hungaria. Igna Alpar, arsitek yang membangun tempat ini memiliki ide unik dengan menggabungkan beberapa komponen bersejarah dari kota-kota di seluruh Hungaria untuk mempresentasikan kekayaan sejarah arsitektur Hungaria.

Baca juga : Tempat wisata adrenalin di Hawaii

Sebenarnya istana ini tidak sengaja saya temukan saat mengunjungi Heroe’s Square yang terletak di tengah kota. Letaknya pun tidak jauh sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Heroe’s Square. Dari jembatan yang saya lewati nampak terlihat bangunan dengan pucuk lancip-lancip seperti umumnya bangunan istana. Kompleks bangunan yang terletak agak ke dalam posisinya ini memiliki gerbang besar dan dari depan seperti bangunan yang sudah kuno sekali. Gerbang Bridge Gate ini dibangun dengan gaya tipikal medieval.

Memasuki area halaman di tengah mengingatkan saya akan gaya bangunan katedral yang kental gaya Gothicnya. Vajdahunyad castle sendiri merupakan bangunan yang menggabungkan gaya Roma, Gothic Renaissance, dan Baroque yang merupakan gaya arsitektur yang dominan digunakan di abad pertengahan sampai ke abad 18. Sekarang istana ini digunakan sebagai museum agrikultur Hungaria dan juga sebagai perpustakaan.

Istana Budapest

Budapest Castle

Budapest Castle

Perhentian saya yang terakhir tempat wisata bersejarah di Budapest, yaitu istana Budapest, yang merupakan salah satu ikon kota ini. Setelah browsing untuk jalan menuju ke sana, terdapat beberapa moda transportasi yang dapat kita pilih. Saya memilih untuk naik bus no 16 atau bisa juga no 116 dari sisi Buda di Szell Kalman Square. Jika Anda berada di sisi Pest, maka bisa naik bis no. 16 dari Deak Ferenc Square. Jika ingin mencoba naik Furnicular/cable car, kita dapat langsung tiba di Budapest Castle tetapi dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk antriannya terutama jika musim panas antriannya bisa lebih lama lagi. Atau jika Anda suka tantangan, bisa juga berjalan kaki menuju Budapest Castle dengan kondisi jalan yang cukup menanjak.

Saya sarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman untuk pilihan yang satu ini. Budapest Castle sendiri merupakan istana yang dibangun pada abad 13 dan mengalami beberapa kali rekonstruksi setelah mengalami kehancuran berulangulang akibat perang. Hal ini mengakibatkan bentuk bangunannya tidak lagi orisinil semegah di awal berdirinya, namun nilai historis sejarahnya masih dapat dipelajari dari tempat ini. Kastil ini sekarang menjadi rumah bagi beberapa museum, salah satunya Budapest History Museum dan juga National Gallery. Ukuran panjangnya pun cukup menakjubkan, sekitar 300 meter sehingga terlihat dari jauh sangat megah dan besar.

Di depan halaman depan kastil terdapat beberapa patung dan juga air mancur. Jika berkunjung ke tempat ini jangan lewatkan Magdalena Tower atau sering juga disebuh Buda Tower. Kita dapat melihat pemandangan panorama Kota Budapest yang indah. Bersiapsiaplah untuk memakai sepatu yang nyaman karena Anda harus naik 170 anak tangga untuk sampai di atas. Menara ini merupakan bagian yang tersisa dari gereja Maria Magdalena yang dibangun di abad 13 namun mengalami kehancuran di perang dunia ke II dan sempat ditutup untuk umum selama bertahun-tahun lamanya sebelum dibuka kembali.

Museum ini buka dari jam 10 pagi sampai 6 sore dan tiket dapat di beli di Museum of Military History yang tidak jauh letaknya dari menara ini. Harga tiket HUF 1500 Kurang lengkap rasanya jika istana tidak memiliki menara, salah satu menaranya adalah Apostle Tower yang memiliki 150 anak tangga. Dari atas kita dapat melihat panorama 360 derajat Kota Budapest yang indah. Dari kejauhan nampak keindahan Gellert Hill, Buda Castle dan St. Stephen’s Basilica. Meskipun cukup melelahkan menaiki 150 anak tangga tetapi semua terbayarkan dengan pemandangan indah Kota Budapest. Tiket masuk ke dalam Apostle Tower juga tidak mahal hanya 600 HUF dan 500 HUF untuk group tour.

Kuliner Klasik di Budapest Yang Menggoyang Lidah

Budapest memiliki kuliner yang beragam dan hampir mirip dengan kuliner negara-negara tetangganya namun dengan makanan khas Hungaria memiliki cita rasa yang berbeda. Jika Anda ikut tour local, biasanya pasti dibawa ke Central Market, pasar indoor tertua dan terbesar di Budapest. Di tempat ini kita dapat mencoba ragam kuliner Hungaria. Kuliner Negara Hungaria yang paling terkenal adalah Goulash soup yang bisa dicoba di restoran Fakanal.

Goulash soup

Goulash soup kuliner khas Budapest

Goulash soup merupakan sup daging yang dilengkapi dengan wortel, kentang, sayuran dan paprika. Paprika merupakan sayuran khas Hungaria yang banyak dijual di pasar ini. Harga 1 Mangkok Goulash soup berkisar 3000 HUF. Jika Anda suka yang manis-manis, Jangan lewatkan mencoba Langos. Langos mirip seperti roti goreng yang ditaburi coklat, keju, sour cream di atasnya. Kita juga dapat menaburi topping yang lebih gurih jika tidak mau manis seperti daging-dagingan di atasnya.

Makanan ini umumnya dapat ditemui di pinggiran jalan Hungaria. Kudapan manis lainnya yang dapat dicoba adalah Kurtoskalacs, camilan yang menyerupai roti berbentuk silinder ini dapat ditemukan di setiap penjuru kota. Isinya pun beraneka ragam, ada yang diisi es krim, atau pun dapat ditaburi gula, kacang walnut, bubuk cinnamon. Kudapan ini dipanggang di oven terbuka sehingga kita dapat melihat proses pemanggangannya langsung.

Penerbangan ke Budapest

Untuk mencapai Kota Budapest, tersedia beberapa opsi maskapai penerbangan ke Budapest. Maskapai tanah air, Garuda Indonesia menawarkan harga Rp. 10.722.000,- untuk tiket PP dengan transit di Amsterdam. Untuk waktu transit yang lebih singkat dapat mencoba maskapai Turkish Airlines dengan harga 11.865.500,- dengan transit di Istanbul, Turki. Untuk kepastian harga dapat cek langsung ke maskapai yang bersangkutan karena harga dapat berubah tergantung bulan keberangkatan.

Menuju tempat wisata keren di Budapest bukanlah hal yang sulit, terdapat berbagai macam moda transportasi yang selalu siap mengantar wisatawan kemana saja.

Leave a Reply