6 Tempat Wisata Populer di Hawaii Yang Menantang Adrenalin

Tempat Wisata Populer di Hawaii – Hawaii bukanlah sebuah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan pantai yang luar bisa indah. Namun Hawaii juga mempunyai tempat wisata yang menantang adrenalin dan membutuhkan keberanian dalam menjelajahinya.

Tempat Wisata Populer di Hawaii

Sebut saja Hawaii Volcanoes National Park yang terletak tiga puluh mil barat daya Hilo. Sebuah taman gunung berapi yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi siapa pun yang pernah merasakan semburan dan hawa panas lavanya dari dekat. Berkunjung ke Volcanoes National Park memang berbeda dibandingkan saat Anda berwisata ke tempattempat populer lainnya di dunia, karena membutuhkan kesiapan fisik dan yang terpenting mental serta pengetahuan tentang survival.

Tapi tak usah khawatir, karena di sana ada panduan standar yang sudah teruji. Taman ini diresmikan pada tahun 1916 yang mencakup wilayah seluas lebih dari tiga ratus ribu hektar, mulai dari puncak tertinggi Mauna Loa hingga ke laut. Di tempat inilah berada gunung berapi Kilauea yang menjadi salah satu gunung berapi paling aktif dan populer di muka bumi. Pengalaman menyaksikan proses penciptaan dan penghancuran ‘bumi’ menjadi daya tarik para wisatawan manca negara untuk berkunjung.

Sementara penduduk pribumi Hawaii sendiri menjadikannya sebagai tempat yang sakral. Terdapat jalur pendakian sejauh seratus lima puluh mil yang melewati kawah-kawah, hamparan air panas yang menggelegak serta hutan hujan. Memang bagi yang tak terbiasa akan menimbulkan kengerian. Bagai berjalan di sebuah saluran lava yang mendidih dari dua gunung berapi yang masih aktif, Mauna Loa dan Kilauea. Keduanya pernah meletus pada awal tahun 1980-an, bahkan gunung Kilauea masih terus mengalami erupsi yang mungkin akan berlangsung hingga satu
abad. Keragaman yang dimiliki ‘museum’ alam ini, menjadikannya sebagai situs warisan dunia sejak t ahun 1987.

Ratusan ribu meter kubik lava dihasilkan oleh gunung berapi Kilauea setiap harinya, jumlah ini mungkin cukup untuk melapisi jalan sepanjang dua puluh mil. Pada awal tahun 1994 telah terbentuk hampir lima ratus hektar lahan baru di kepulauan Hawaii akibat erupsi Kilauea. Saat aliran lava yang mendidih dengan gelembung-gelembungnya yang bisa melepuhkan kulit masuk ke dalam laut mempertontonkan pemandangan fantastik dan memang momen yang selalu diburu oleh para petualang dari seluruh dunia.

Sepanjang tahun, taman gunung berapi ini buka selama dua puluh empat jam, termasuk saat musim liburan. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain hiking di Devastation Trail dan Mauna Kea, biking menyusuri Kilauea Caldera, menambah pengetahuan di Jaggar Museum dan menyaksikan dinamika gunung berapi di Kilauea Iki Crater serta Thurston Lava Tube. Semuanya memang terkait dengan aktivitas vulkanik, sehingga Anda bisa mengetahui bagaimana lapisan bumi terbentuk dan lain sebagainya. Jadi selain pengalaman fantastik juga Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang vulkanologi secara langsung dari tempat kejadiannya.

Ingin tau apa saja tempat wisata populer di hawaii yang menantang adrenalin dan membutuhkan nyali yang besar untuk menjelajahinya ? Berikut ulasanya dari wisataalam.co.id.

Tempat Wisata Populer Yang Ada di Hawaii

Mauna Kea Summit

Mauna Kea Summit

Mauna Kea merupakan satu-satunya di dunia, dimana Anda bisa berkendaraan dari tempat nol kaki hingga ketinggian empat belas ribu kaki di atas permukaan laut dalam waktu hanya dua jam. Pada ketinggian tersebut, ketersediaan oksigen empat puluh persen lebih rendah dibandingkan dengan udara di permukaan laut. Sebaiknya memastikan dulu kondisi fisik sebelum berencana melakukan hiking ke puncak Mauna Kea. Bagi Anda yang terbiasa melakukan hiking, rata-rata membutuhkan waktu kurang lebih sepuluh jam.

Namun terkadang cuaca dapat berubah setiap saat tanpa ada peringatan. Jadi Anda perlu menyiapkan segala hal jika terjadi kondisi tak terduga di tengah jalan. Sebaiknya gunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang. Pilihlah sepatu yang kuat dan nyaman. Agar terhindar dari dehidrasi, Anda harus minum satu setengah liter air setiap satu jam. Pada ketinggian sekitar sembilan ribu kaki, terdapat pusat infomasi yang mengadakan program Star Gazing. Semacam program astronomi yang berlangsung setiap malam mulai pukul 18.00 sampai 22.00 dan gratis serta terbuka untuk semua orang. Jika Anda ingin mengambil gambar pemandangan langit yang indah, bisa menggunakan bantuan teleskop yang memang telah disediakan di sana.

Devastation Trail

Devastation Trail

Devastation Trail

Mungkin sangat berbeda melakukan aktivitas hiking di kawasan gunung berapi. Selain membutuhkan fisik yang fit juga perlu memperhatikan barang bawaan. Meskipun Devastation trail merupakan jalur yang beraspal dan mudah, namun kondisi lingkungan yang dilewati bisa menguras daya tahan tubuh. Suhu udara yang relatif panas dan berasap membuat kurang nyaman serta cepat menimbulkan dehidrasi. Di sini Anda bisa memperhatikan beberapa tanaman yang biasa tumbuh di sekitar gunung berapi, burung, bara api, gundukan abu vulkanik dan hujan rintik-rintik. Waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri trek ini sekitar empat puluh lima menit.

Tetaplah berada di jalur yang tersedia, jangan berusaha mencari jalan pintas dengan menerobos. Banyak kejadian, dimana pengunjung kehilangan jejak dan tersesat. Agar aktivitas hiking berjalan lancar, sebaiknya perlu disiapkan beberapa liter air untuk minum, first aid kit, senter, jaket dan topi. Hal yang wajar memang, karena kondisi medan yang lumayan ekstrim. Saat cuaca sangat panas, Anda perlu sedikitnya minum setengah liter air setiap jamnya. Sepanjang perjalanan sebaiknya Anda sering mengunyah makanan dan minum. Jangan menunggu sampai merasa haus, karena bisa berakibat fatal jika Anda mengalami dehidrasi.

Tips saat melakukan hiking
Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan hiking adalah membawa air sesuai petunjuk, pakaian ganti, jas hujan, topi, senter, first aid kit, sepatu yang nyaman, dan jaket bila dibutuhkan. Satu hal yang paling penting adalah jangan melakukan hiking seorang diri. Bergabunglah dengan rombongan yang dibimbing oleh pemandu setempat.

Kilauea Iki Crater

Kilauea Iki Crater

Kilauea Iki Crater

Lubang kawah Kilauea Iki terbentuk di dekat bagian atas perisai Ai-laau yang merupakan lubang saluran gunung berapi sekitar lima abad yang lalu. Setelah letusan, terjadi rongga di bawah permukaan tanah yang menyebabkan bebatuan di atasnya runtuh. Para pelancong bisa mendaki di Kilauea Iki mulai dari Byron Ledge yang menghadap ke arah kawah serta berjalan di sepanjang bagian dasar kawah yang dulunya merupakan Danau lava. Meskipun telah lama atau sekitar lima puluh tahun, permukaannya masih terasa hangat bila kita meletakkan telapak tangan di atasnya.

Saat air hujan merembes ke celah-celah dan menyentuh batu yang sangat panas di bawah, maka dengan serta merta terjadi penguapan. Uap ini keluar ke atas melalui retakan di permukaan dan menghasilkan pemandangan menarik. Anda perlu berhati-hati terhadap uap dan bebatuan panas, karena bisa menimbulkan luka bakar serius jika terkena kulit.

Jaggar Museum

Jaggar Museum

Jaggar Museum

Jaggar Museum merupakan sebuah museum vulkanologi yang diambil dari nama seorang peneliti gunung berapi Dr. Thomas A Jaggar. Di museum ini Anda bisa melihat display yang memajang beberapa jenis lava, monitor real-time yang menunjukkan aktivitas gunung, dan berbagai jenis peralatan yang digunakan oleh para ilmuwan di masa lalu untuk mempelajari gunung berapi. Pemandangan sisi luar museum Jaggar membuat Anda menahan napas saat menyaksikan panorama Kilauea Caldera.

Pada malam yang cerah, akan terlihat letusan dari kawah Halemaumau berwarna merah menyala yang sangat spektakuler. Diameter kawah dari tahun ke tahun terus melebar, diperkirakan kini telah bertambah menjadi lebih dari dari lima ratus meter. Selain itu, Anda bisa membeli berbagai souvenir yang pastinya bertema tentang gunung berapi. Hawaii Pacific Parks Association yang mengelola toko ini menyediakan beragam buku menarik tentang vulkanologi, geologi, budaya, tanaman dan burung untuk segala usia. Sebagai asosiasi nirlaba, HPPA bekerja sama dengan enam taman nasional di Hawaii dan Samoa Amerika yang mendukung program pendidikan, proyek-proyek penelitian, publikasi, dan kegiatan budaya di Hawaii Volcanoes National Park. Jaggar Museum dibuka setiap hari mulai pukul 8:30 hingga 19:30 waktu setempat.

Thurston Lava Tube

Thurston Lava Tube

Thurston Lava Tube

Nahuku yang dikenal sebagai Thurston Lava Tube merupakan sebuah gua lava yang terbentuk sejak lima abad yang lalu. Gua lava ini berasal dari aliran lava yang secara bertahap membentuk dinding dan langit-langit yang kokoh. Terdapat beberapa gua atau lorong pendek maupun yang panjang. Pemandangan dinding gua yang fantastik akan membuat Anda tertegun. Saat mendapat cahaya, dinding dan langitlangit gua akan memantulkan warna keemasan yang menyala.

Menyusuri Nahuku bagai melewati lorong waktu ketika bumi terbentuk dan mengundang decak kagum. Jika Anda menyorotkan senter ke dinding, akan terlihat bentuk dan warna mineral pada batu yang indah. Ada bagian lain dari gua ini yang gelap, sehingga membutuhkan senter yang cukup terang. Tetapi bagi Anda yang penasaran bisa menyusuri lorong ini yang mungkin panjangnya lima puluh meter atau lebih. Namun perlu berhati-hati, karena kondisi jalan di lorong ini tidak rata.

Hawaii Volcanoes National Park

Hawaii Volcanoes National

Hawaii Volcanoes National

Hawaii Volcanoes National Park menawarkan aktivitas bersepeda mulai dari bibir kawah hingga turun ke kaldera gunung berapi Kilauea. Sebuah petualangan yang dramatis saat melewati kepulan asap, padang pasir dan hutan hujan. Sepanjang rute Anda akan menjumpai beberapa bongkahan lava beku yang rapuh, tanaman langka, dan situs arkeologi yang semuanya dilindungi. Meskipun kegiatan ini bisa diikuti oleh siapa pun, namun perlu juga memperhatikan kemampuan fisik. Karena di jalur bersepeda ini terdapat tanjakan yang lumayan panjang dan pastinya sangat menguras tenaga.

Karena Kilauea berupa gunung berapi yang aktif, maka perlu diwaspadai polusi udara yang mengandung gas belerang dioksida dan kabut asam sulfat. Keduanya bisa membuat Anda sulit bernapas terutama di dekat kawah Halemaumau dan di bagian bawah Chain of Craters Road.

Kegiatan bersepeda ini dipandu oleh seorang yang ahli dan mengenal betul kondisi medan, sebaiknya Anda mengikuti informasi dan arahan yang diberikan. Biasanya berpetualang dengan sepeda tidak dilakukan jika aktivitas dari gunung berapi Kilauea meningkat.

Karena Kilauea berupa gunung berapi yang masih masih aktif, maka harus diwaspadai polusi udara yang mengandung gas belerang dioksida dan kabut asam sulfat.

Namakanipaio Campground

Namakanipaio Campground

Namakanipaio Campground

Lokasinya terletak di tengah-tengah belukar eucalyptus yang harum dan berada di ketinggian sekitar empat ribu meter di atas permukaan laut. Namakanipaio Campground menawarkan sebuah suasana kehidupan pedesaan yang menjadi salah satu keunikan dan memberi pengalaman berkemah yang berbeda di Hawaii Volcanoes National Park.

Bagi pengunjung yang mencari pengalaman berkemah dengan akomodasi yang nyaman, perkemahan Namakanipaio bisa jadi pilihan. Perkemahan ini memiliki sepuluh Camper Cabins baru, beberapa fasilitas telah diperbaharui termasuk kamar mandi. Perkemahan juga menyediakan lokasi untuk pengunjung yang lebih memilih mendirikan tenda sendiri untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tradisional.

Hilo Farmers Market

Hilo Farmers Market

Merupakan salah satu pasar terbuka yang terbaik di Hawaii. Banyak pilihan produk pertanian dan buah-buahan segar dengan harga yang terjangkau seperti: rempah-rempah, selai dan jeli pulau, kacang macadamia dan lezat jika dipanggang. Sekitar lebih dari sembilan puluh persen pepaya di Hawaii dihasilkan dari wilayah ini.

Selain makanan, di Hilo Farmers Market dijual juga berbagai barang kerajinan yang dibuat oleh pengrajin lokal antara lain : lonceng angin, etched glass, t-shirt dan perhiasan buatan tangan. Sepanjang tahun pasar ini tetap buka dan dipenuhi banyak penjual setiap hari Rabu dan Sabtu, tetapi ada juga yang berdagang hampir setiap hari.

Transportasi Apa Yang Digunakan Untuk ke Hawaii ?

Banyak pilihan penerbangan menuju Hilo – Hawaii, beberapa maskapai yang melayani jalur dari Indonesia ke sana antara lain: Hawaiian Airlines, China Airlines, Korean Air, ANA Air, Asiana, Japan Airlines dan Plilippine Airlines. Tentunya Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget. Berbagai sarana transportasi tersedia dari bandara Hilo menuju Hawaii Volcanoes National Park mulai dari bus, taksi dan mobil sewaan.

Leave a Reply