Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga Tanpa Mengurangi Keseruan

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga – Tidak terasa sebentar lagi memasuki bulan Desember. Biasanya, diakhir tahun ini, saatnya bagi orang-orang yang mempunyai waktu luang untuk pergi berlibur bersama anggota keluarga tercinta. Merupakan hal wajar banyak orang yang menanti-nantikan momen di akhir ini. Agar liburan bersama keluarga semakin menyenangkan, tidak orang beranggapan bahwa mereka harus menghabiskan uang dalam jumlah yang banyak. Istilah ‘ada harga, ada kualitas’ biasanya menjadi pemikiran utama ketika akan pergi berlibur akhir tahun. Namun tidak selamanya pikiran semacam itu benar. Liburan juga bisa kita lakukan dengan berhemat namun tidak mengurangi keseruan selama berlibur.

Tips Liburan Hemat

Liburan yang menyenangkan dan berkesan tidak hanya bisa didapatkan bila pergi ke luar negeri. Lokasi berlibur yang ada di Indonesia begitu luas dan ada banyak sekali berbagai temoat indah disini yang pastinya akan membuat liburan kamu hemat, berkesan, menyenangkan, dan pastinya semakin dekat dengan anggota keluargamu. Jadi, untuk kamu yang ingin berlibur hemat dan menyenangkan, simaklah tips dibawah ini.

Baca juga : Tips aman berwisata saat ada kabut asap

Tips Liburan Hemat, Seru dan Menyenangkan

Cari Tempat Yang Sesuai untuk Liburan
Sebelum kamu pergi berlibur dengan keluarga, kamu tentunya harus sudah menentukan kemana tujuan liburan kali ini. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa tempat tersebut sesuai dengan apa yang dibayangkan. Survei bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan internet, buku-buku yang mengulas wisata, atau brosur dari agen travel yang terpercaya. Selain itu, dengan melakukan survei terlebih duli, kamu bisa mulai menghitung besarnya uang yang dibutuhkan untuk berlibur ke tempat yang kamu tuju. Dengan survei kamu juga bisa mengetahui bila tempat tersebut sedang berlangsung diskon. Dengan begitu, kamu bisa semakin menghemat uang.

Booking Tiket Beberapa Hari Sebelum Keberangkatan
Setelah semuanya selesai kami survei dan sudah menemukan tempat tujuan yang terbaik, selanjutnya kamu harus mulai memesan tiket transportasi, hotel untuk menginap dan bila diperlukan pesan juga tiket tempat wisata di lokasi. Biasanya jika pemesanan kamu lakukan beberapa hari sebelum hari H, bisa mendapatkan harga spesial yang lebih sedikit murah atau kamu bisa juga mendapatkan beberapa penawaran menarik lainnya selama kamu berlibur.

Manfaatkan Diskon Spesial
Tidak sedikit tempat wisata yang memberikan diskon spesial bertepatan dengan momen tertentu. Seprti di tempat wisata Eling Bening Semarang dimana ada program diskon menarik tanpa syarat saat hari kemerdekaan Indonesia. Hal semacam inilah bila berhasil kamu dapatkan bisa menghemat pengeluaran selama liburan.

Hindari Musim Liburan
Rata-rata tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season jauh lebih mahal dibandingkan ketika di musim biasa atau low season. Oleh sebab itu, kamu dapat lebih berhemat pengeluaran jika pergi sebelum atau justru setelah musim liburan. Keuntungan lainya, kamu bisa lebih leluasa jika bepergian bukan di musim liburan, karena biasanya pengunjung lebih sepi, jadi kamu bisa maksimal menikmati momen liburan.

Kenyamanan Lebih Diutamakan, Bukan Kemewahan
Jangan mencari kemewahan bila ingin berhemat selama liburan. Namun jangan sampai karena kamu terlalu berhemat pengeluaran, liburan malah tidak nyaman. Perhatikan juga faktor kenyamanan, baik saat memilih transportasi, tempat menginap, dan pemandu liburan. Asalkan merasa nyaman, anggota keluarga pasti akan senang. Dan tentunya akan lebih menyenangkan lagi apabila kamu bisa liburan dengan nyaman, mewah, dan murah. Bisa saja terjadi, namun jarang sekali.

Sediakan Uang Tunai
Jangan lupa bawalah uang tunai selama kamu berlibur dengan keluarga. Tentunya bukan untuk digunakan berfoya-foya, namun dengan menyipakan uang tunai, kamu lebih bisa mengatur pengeluaran selama berlibur. Dengan menyiapkan uang tunai pula, kamu bisa melihat secara langsung berapa sisa uang yang ada, sehingga dapat berpikir lebih matang lagi sebelum menggunakan uang yang tersisa. Apabila kamu takut uang dicuri, jangan berlebihan membawa uang. Oh ya, sebaiknya tetap membawa debit dan kartu kredit Visa atau MasterCard. Hal ini untuk sangat berguna disaat membutuhkan uang tambahan mendadak.

Selama Liburan Pengeluaran Harus Dicatat
Pengeluaran sekecil apapun sebaiknya kamu catat selama berlibur. Meski terlihat sepele, namun hal ini sangat membantu dalam mengatur keuangan dan mengetahui untuk apasaja uang tersebut dipergunakan. Dengan mengetahui jumlah pengeluaran, kita lebih mudah dalam mempersempit kemungkinan untuk boros dan foya-foya yang menyebabkan biaya liburan membengkak.

Menahan Diri Saat Berbelanja
Tips liburan hemat yang terkahir ialah menahan diri saat di pusat perbelanjaan. Senang belanja saat pergi liburan? Hal ini sebaiknya kamu waspadai, sebab kebiasaan ini tidak jarang menjadi penyebab utama pengeluaran membengkak kamu saat liburan. Saat pergi ke tempat wisata, tentu belanja oleh-oleh dan beberapa barang lainya sangat dianjurkan agar kamu dapat mengenang momen-momen bahagia liburan, namun saat belanja sebaiknya kamu berusaha menahan diri agar tidak kehabisan uang untuk kegiatan liburan yang selanjutnya.

Usahakan mencari tempat belanja oleh-oleh yang kualitasnya bagus dan harga murah. Pasar tradisional biasanya menjual dengan harga yang lebih murah dibandingkan toko cinderamata.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai tips liburan hemat, seru, berkesan dan menyenangkan bersama keluarga tercinta. Hemat atau tidaknya selama berlibur, semuanya tergantung dari kamu sendiri dalam mengendalikan keuangan. Kendalikan diri saat berlibur, jangan habiskan semua yang ada dalam waktu singkat.

Leave a Reply