Tips Wisata di Tengah Kepungan Kabut Asap

Peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang saat ini terjadi di sejumlah wilayah Kalimantan dan Sumatera menimbulkan dampak kabut asap tebal yang mengganggu aktivitas warga. Tidak hanya warga di Kalimantan dan Sumatera saja yang terkena dampak dari kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan ini, tetapi negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura ikut merasakan dampaknya. Aktivitas yang terganggu tidak sebatas pada kegiatan
belajar mengajar, aktivitas kita saat berwisata ikut terganggu bila kabut asap tersebut tidak kunjung hilang. Nah, saya punya tips wisata ditengah kepungan kabut asap agar rencana liburan bersama keluarga tidak tertunda.

Tips Wisata di Tengah Kepungan Kabut Asap

Walaupun penanganan untuk memadamkan lahan terbakar sudah dan masih terus dilakukan serta diupayakan oleh pihak-pihak yang terkait, dampak kabut asap ini masih sangat mengganggu dan menimbulkan beragam dampak negatif, seperti memburuknya kualitas udara hingga berkurangnya visibilitas atau jarak pandang, yang pada akhirnya berpengaruh juga terhadap kondisi kesehatan saat beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga : Harga tiket masuk museum angkut Malang

Bagi pengelola dan pemilik wisata, kabut asap tebal dampak dari kebakaran hutan dan lahan juga ikut memberikan efek negatif, seperti turunnya jumlah kunjungan wisatawan di daerah terdampak, pembatalan jadwal penerbangan, menurunnya tamu hotel dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini tentu diharapkan bisa segera diselesaikan dalam waktu singkat.

Tips Wisata Aman dan Sehat Ditengah Kepungan Kabut Asap

Apabila keinginan untuk wisata di tengah kepungan kabut asap masih tetap ada dan kamu merasa yakin, tips berikut ini dapat digunakan untuk menjadikan rencana liburan kamu tidak sepenuhnya berantakan, terutama bila tujuan wisata mengunjungi ke Singapura dan Malaysia, dua negara tetangga trdekat yang juga kena imbas kabut asap aibat sari kebakaran hutan dan lahan di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Kurangi Kegiatan Wisata Diluar Ruangan
Tips wisata saat kabut asap tebal yang pertama adalah sebaiknya mengunjungi tempat wisata didalam ruangan. Di negara Malaysia daan Singapura, banyak pilihan tempat wisata didalam ruangan yang dapat kamu pilih untuk menikmati momen liburan yang berkesan. Sebaiknya hindari berwisata di luar ruangan seperti wisata gunung dan wisata lain yang tidak didalam ruangan.

Gunakanlah Masker
Kamu sebisa mungkin harus menghindari berada diluar ruangan dalam waktu lama. Namun apabila kondisi memaksa kamu untuk berada di luar ruang, sangatlah penting untuk menggunakan masker penutup hidung. Penggunaan masker bertujuan untuk menghalangi debu serta polusi udara terhirup dan masuk ke saluran pernafasan. Masker yang sebaiknya kamu kenakan adalah N95.

Baca juga : Mojosemi Forest Park, tempat camping mewah di Magetan

Penuhi Asupan Cairan Tubuh
Meski terlihat sepele, memenuhi kebutuhan cairan tubuh tidak boleh sampai terlupakan. Cairan tubuh yang cukup dapat memicu kelembaban yang membantu dalam mengatasi paparan polusi udara terhadap tubuh. Selalu siapkan botol air minum dalam tas yang kamu bawa, bila hampir habis segera botol air minum supaya kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi.

Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Disaat menikmati liburan di tempat wisata yang kamu impikan, disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan sehat yang dapat menangkal berbagai racun jahat dari kabut asap. Sayur mayur dan buah yang kaya vitamin C seperti anggur, jeruk dan lemon dapat kamu gunakan untuk melindungi tubuh dari dampak buruk kabut asap.

Berhenti Merokok Sementara Waktu
Kabut asap yang timbul akibat kebakaran lahan hutan mengandung berbagai macam racun yang membahayakan kesehatan tubuh, jika kamu tambah dengan merokok artinya kamu dengan sengaja memasukan racun dalam tubuh yang menjadi penyebab kanker, serangan jantung dan penyakit lain. Selain itu, asap rokok yang dikeluarkan juga mengganggu kenyamanan orang disekitar. Sebaiknya selama kamu liburan ke wilayah yang terkena imbas dari
kebakaran hutan, berhenti sejenak untuk tidak merokok.

Itulah dari saya tips wisata yang menyenangkan dan aman ditengah kepungan kabut asap dampak dari terbakarnya hutan. Dengan mengikuti tips yang saya berikan, semoga rencana liburan kamu tidak terganggu dan tetap menyenangkan.

Leave a Reply