Wisata Air Terjun Kapas Biru

Kota Lumajang letaknya berada di lereng gunung Semeru menjadikan kota di Jawa Timur ini mempunyai bergam objek wisata alam yang sering masuk dalam daftar destinasi wisatawan. Sangat banyak sekali tempat wisata yang dapat mempesona pengunjung bila datang ke Lumajang. Mulai dari perbukitan, lembah yang luas dan air terjun. Kota ini juga dikenal sebagai surganya air terjun, terdapat beberapa air terjun yang memiliki daya pikat seperti air terjun tumpak sewu. Bukan hanya itu saja, dikota ini juga mempunyai air terjun yang sedang menjadi primadona wisatawan, yaitu wisata air terjun kapas biru Lumajang.

Wisata Air Terjun Kapas Biru

Tempat rekreasi keluarga air terjun kapas biru ini adalah tujuan wisata utama bagi wisatawan yang suka dengan alam. Air terjun ini kurang lebih memiliki ketinggian 15 meter. Menurut penuturan pengelola tempat wisata, air terjun ini sumber airnya berasal dari anak sungai Besukbang yang hulunya berada di lereng gunung Semeru. Ditempat ini anda bisa merasakan sejuknya udara khas air terjun, serunya bermain air dan melakukan kegiatan lain yang dapat menantang adrenalin anda.

Kenapa Dinamakan Air Terjun Kapas Biru ?

Diberi nama kapas biru karena pada bagian sisi air terjun terdapat warna kebiruan yang terlihat jika kita melihatnya dari jarak jauh. Munculnya warna tersebutlah yang menyebabkan tempat ini dinamai kapas biru. Bila ingin tau apasaja keseruan dan lokasi wisata air terjun di Lumajang ini, anda bisa membaca informasi lengkap dibawah ini.

Fasilitas Yang Ada di Wisata Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Kapas Biru adalah destinasi wisata alam terbaik di Lumajang yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain memiliki keindahan panorama alam di sekitar area air terjun, pengelolaan yang bagus dari warga berperan juga dalam kepopuleran air terjun ini. Ditambah lagi dengan banyaknya pengunjung yang memamerkan foto saat berada di tempat ini, mampu mempopulerkan tempat ini hingga ke pelosok Indonesia.

Baca juga : Indahnya air terjun Lapopu di Sumba

Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 1km dan membutuhkan waktu selama 35 menit. Akses jalan sudah bagus, terdapat anak yang yang disusun dengan rapi serta dilengkapi dengan besi panjang untuk pegangan tangan. Meski harus menempuh jarak yang cukup panjang dan melelahkan, selama diperjalanan anda dapat melihat indahnya hamparan sawah milik warga dan pemandangan indah lainya.

Ditengah perjalanan anda bertemu dengan jembatan sederhana yang terbuat dari bambu dan dibawah jembatan ini mengalir air yang jernih. Hati-hati saat melintas diatas jembatan karena sedikit licin. Tempat ini salah satu favorit wisatawan untuk berfoto-foto.

jembatan di air terjun kapas biru

Tempat wisata ini memiliki fasilitas seperti area parkir kendaraan untuk roda dua maupun roda empat, mushola, toilet umum, warung makan dan pemandu wisata. Biaya parkir kendaraan roda empat hanya Rp 5.000, sedangkan roda dua Rp 3.000 saja. Tempat parkir dikelola dan dijaga dengan baik oleh warga sekitar.

Daya Tarik dan Keseruan di Destinasi Wisata Air Terjun Kapas Biru

Rute perjalanan yang jauh dan harus ditempuh dengan berjalan kaki memang berat dan melelahkan, namun rasa tersebut semuanya terobati setelah mencapai lokasi air terjun ini. Suasana sekitar yang masih sunyi serta pepohonan yang tingi dan lebat menambah segarnya udara di area sekitar air terjun.

Baca juga : Cantiknya kalinampu natural park di Bantul

Fasilitas yang tersedia terbilang minim dan sederhana, namun hal tersebut bukan masalah bagi wisatawan. Suasana alam dan segarnya air yang mengalir di lokasi inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Mereka rela jauh-jauh kesini dengan melewati akses jalan yang berat hanya untuk melihat secara langsung air terjun dengan ketinggian 15 meter yang berdiri gagah. Tebing-tebing besar, bebatuan besar serta banyaknya pohon menambah kentalnya suasana alam ditempat ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru di Lumajang Jawa Timur

Bagi anda yang akan mengunjungi tempat ini, sebaiknya ketahui dulu harga tiket masuk yang terbaru. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, harga masuknya Rp 7.000 per orang. Bila menggunakan pemandu wisata dari warga setempat, dikenakan biaya tambahan lagi.

Tips Penting Untuk Anda

  1. Diatas sudah saya jelaskan bahwa untuk mencapai lokasi air terjung hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh sepanjang 1km. Oleh karenanya bila ingin ke lokasi air terjun pastikan kondisi fisik anda prima dan fit.
  2. Gunakanlah sepatu atau sandal yang alasnya tidak licin, karena jalan yang dilewati berupa anak tangga.
  3. Pilih waktu saat cuaca cerah, jangan saat cuaca sedang mendung.
  4. Untuk menghemat pengeluaran, bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya.
  5. Jangan lupa membawa baju ganti bila ingin bermain air.

Rute Terdekat Menuju Tempat Wisata

Lokasinya terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang yang berbatasan dengan Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Bila ditempuh dari lapangan Pronojiwo, kurang lebih jaraknya 500 meter.

Galery Foto-Foto Hits Wisata Air Terjun Kapas Biru

tempat istirahat di wisata air terjun kapas biru

Videonya di Coban Kapas Biru

 

Setelah membaca review destinasi wisata air terjun kapas biru ini anda tertarik untuk berkunjung kesini kan? Terlebih lagi setelah melihat foto-foto dan videonya. Segeralah atur waktu yang tepat dan persiapkan fisik anda bila ingin mengunjungi air terjun yang keren di kota Lumajang ini.

Leave a Reply