Wisata Pulau Karimunjawa, Surga Wisata di Jepara

Tempat wisata pulau karimunjawa mempunyai beberapa spot wisata terkenal diantaranya pantai barakuda, pantai batu topeng, pulau menjangan besar, pulau geleang dan bukit jowo tuwo. Masing-masing spot wisata menyimpan keindahan dan keunikan yang sulit dilupakan oleh pengunjung dan hal inilah yang menjadikan Karimunjawa mendapat julukan The Paradise of Java. Selain menawarkan beragam tempat wisata, di karimunjawa terdapat penginapan losmen dan hotel dengan harga yang bervariatif. Bila yang dicari adalah penginapan harga murah, losmen atau homestay pilihan tepat, terlebih lagi bila anda seorang backpacker yang berencana mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus.

Wisata Pulau Karimunjawa

Saat anda mengunjungi wisata pulau karimunjawa di Jepara, selain menghabiskan waktu liburan sambil menikmati keindahan pantai, disini anda juga bisa belajar sejarah masa lalu. Kisah pulau karimunjawa sangat lekat dengan Amir Hasan, anak laki-laki dari Sunan Muria yang mempunyai sifat manja karena kemuanya selalu dituruti oleh ibunya. Sunan Muria tidak suka dengan hal itu, hingga pada akhirnya Amir Hasan mendapat perintah dari Sunan Muria untuk menyebarkan agama Islam di pulau yang terpencil. Amir Hasan dengan ditemani dua prajurit berlayar mengarungi lautan. Selang beberapa hari berlayar tibalah mereka di sebuah pulau dan mulai menyebarkan ajaran Islam. Pulau Karimunjawa inilah yang menjadi tempat Amir Hasan menyebarkan agama islam.

Pesona Keindahan Wisata Pulau Karimunjawa

Di bulan Maret tahun 2001 silam, destinasi nasi wisata pantai di Jepara ini resmi dijadikan sebagai Taman Nasional bagi biota laut seperti terumbu karang, Ikan Hiu dan jenis biota laut lainya. Ditempat ini pula hutan bakau serta hutan mangrove tumbuh subur. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi habitat dari beberapa satwa langka Elang laut dada putih, penyu hijau dan penyu sisik yang jumlahnya terus menurun di alam liar.

Baca juga : Keindahan malam hari di Bukit Moko Bandung

Di destinasi wisata karimunjawa juga terdapat tumbuhan Dewandaru, tanaman ini tidak ada ditempat lain, hanya bisa anda temukan di tempat wisata pulau Karimun Jawa saja. Jangan sekali-kali memetik tanaman Dewandaru, menurut cerita masyarakat yang tinggal di area wisata palau Karimunjawa, siapa yang memetiknya bisa mendapatkan musibah. Meski hal ini hanyalah berdasarkan cerita, sebaiknya tetap mengikuti peraturan yang ada demi keselamatan diri.

Spot Menarik di Destinasi Wisata Pulau Karimun Jawa

Wisatawan yang datang ke pantai Karimunjawa biasanya lebih memilih menikmati keindahan laut, pantai, diving, snorkeling bermain pasir putih, menikmati sunset, memancing dan berenang. Padahal masih ada aktivitas seru lainya yang bisa dilakukan di spot wisata pantai karimun jawa. Penasaran apa saja itu? Simak ulasanya di bawah ini.

Mangrove Tracking di Wisata Pulau Karimunjawa
Menjelajahi hutan Mangrove dengan berjalan kaki diatas jembatan kayu yang panjangnya mencapai 2km ini merupakan salah satu aktivitas seru yang patut dicoba. Selama menyusuri hutan anda bisa menikmati rimbunya mangrove yang berada di kanan kiri jembatan kayu. Perjalanan menyusuri hutan semakin menyenangkan karena bisa mendengarkan kicauan burung liar yang saling bersahutan. Ditengah-tengah perjalanan, terdapat gardu pandang yang tinggina kurang lebih 13 meter. Naiklah ke gardu dan anda bisa melihat indahnya landscape pemandangan alam sekitar.

Pulau Menjangan Kecil, Rumahnya Ikan Clown Fish (Nemo)
Apabila anda memilih rute ke arah timur yang sering dijadikan tempat island hoping dan snorkeling, jangan lupa untuk berkunjung di Pulau Menjangan Kecil. Tempat ini adalah surganya ikan Clown Fish dan berbagai jenis terumbu karang. Dari atas jembatan, anda bisa melihat gerombolan ikan Clown Fish yang sedang berenang dengan lincahnya. Bagi wisatawan yang kelelahan setelah snorkling, pulau inilah yang dijadikan sebagai tempat istirahat.

Bermain Pasir di Pulau Geleang
Hamparan pasir putih yang terbentang luas dari ujung kanan hingga ujung kiri pantai, tidak jarang wisatawan yang datang kesini memanfaatkan pasir untuk bermain. Kebersihan tempat ini dijaga dengan baik, sehingga bagi anda yang datang ke Pulua Geleang sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke laut. Bawala kantong plastik besar sebagai wadah sampah sementara.

Minum Kopi di Pantai Bobi
Suka minum kopi panas di pagi hari? Wisata pulau Karimunjawa menyediakan tempat yang pas untuk menikmati kopi. Setiap tegukan kopi bertambah nikmat bila meminumnya di pantai Bobi. Letaknya tidak jauh dari pulau utama Karimunjawa, pantai Bobi menawarkan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang mempesona.

Baca juga : Mbah Djoe Resort Magetan

Sunset Cantik di Pantai Tanjung Gelam
Saat anda mengunjungi wisata pulau Karimunjawa, singgahlah di pantai Tanjung Gelam. Letaknya berada di pulau utama Karimunjawa, bisa anda tempuh dengan jalur laut ataupun jalur darat. Membutuhkan waktu tempuh kurang lebih selama 10 menit bila anda dari pusat kota Jepara. Pantai Tanjung Galem mempunyai ikon yang menjadi ciri khasnya, yaitu kelapa doyong yang sering menjadi tempat istirahat maupun berfoto. Bila ingin melihat pemandangan sunset yang cantik di kota Jepara, Pantai Tanjung Gelam inilah yang harus anda datangi.

Bukit dan Pantai Anora
Letaknya berada di desas Kemloko, objek wisata ini banyak didatangi wisatawan karena menawarkan pemandangan pantai yang indah. Dari atas bukit Anora yang tingginya mencapai 11 meter, wisatawan bisa melihat pemandangan pantai Anora dengan ombaknya yang mengarah ke daratan. Saat di tempat ini siapkan kamera anda, banyak sekali spot foto bagus di area bukit Anora.

Snorkeling Dengan Ikan Hiu di Pulau Menjangan Besar
Di pulau Menjangan besar anda bisa mendapat pengalaman snorkeling yang tidak ada ditempat lain karena tempat ini dipenuhi dengan ikan Hiu. Ikan Hiu disini snagat peka bila ada wisatawan yan masuk kedalam wilayahnya, hal ini menyebabkan jantung berdebar saat mencoba snokreling di pulau Menjangan Besar.

wisata pulau karimunjawa ikan hiu

Tidak perlu takut, sebab ikan yang ada ditempat ini sudah jinak dan tidak memangsa manusia. Bila anda sedang beruntung, aktivitas snorkeling bisa ditemani penyu dan binatang langka lainya.

Memancing di Pulau Tengah
Nah bagi anda yang hobinya memancing, pulau tengah ini spot wisata karimunjawa ini yang harus dikunjungi. Pemancing disini tidak hanya membawa pulang ikan, beberapa dari mereka yang beruntung bisa membawa pulang cumi-cumi. Terdapat pula dermaga kecil yang dibuat dari kayu, jika kamu tidak hobi memancing, foto-fofot di tempat ini tidak ada salahnya.

Demikian informasi yang saya sampaikan mengenai tempat wisata pantai Karimun Jawa di Jepara, Jawa Tengah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alam dengan tidak membuang sampah sembarang serta tidak merusak tumbuhan yang ada disana. Hormati dan taati setiap aturan yang berlaku di kawasan wisata Karimun Jawa.

Leave a Reply