Wisata Tangkuban Perahu di Lembang, Bandung

Wisata Tangkuban Perahu adalah destinasi wisata alam di Bandung yang sudah tersohor ditelinga wisatawan lokal maupun luar negri. Menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona serta kawah yang tak jarang membuat penasaran, menjadikan wisata gunung di kota Bandung ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Wisata Tangkuban Perahu

Ditambah lagi dengan kisah dongeng Sangkuriang dan Dayang Sumbi yang melegenda, menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata ini.

Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu Bandung adalah satu dari beberapa destinasi wisata favorit Lembang yang berada di kabupaten Bandung. Lokasi gunung ini terletak di Jawa Barat, dengan jarak kurang lebih 20 KM dari kota Bandung. Selama diperjalanan menuju tempat wisata ini, wisatawan dapat melihat pohon pinus yang rimbun serta perkebunan teh milik warga setempat. Berada di ketinggian 2084 meter, tempat wisata favorit di Lembang ini memiliki suhu udara yang dingin.

pengunjung sedang melihat kawah di wista tangkuban perahu

Apa sih yang istimewa dari Tempat Wisata di Bandung Barat ini bagi para pengunjung ? Sebenarnya ada banyak, namun salah satunya adalah Gunung ini merupakan salah satu kawasan pegunungan terbaik yang dimiliki Indonesia, karena selain mempunyai nilai sejarah yang sangat melegenda bahkan sampai ke luar negri, lokasi wisata ini juga masuk dalam kawasan hutan lindung yang benar-benar terjaga kelestarian, keasrian dan kesejukan udaranya.

Baca juga : Harga tiket masuk terbaru De Voyage Bogor

Tidak hanya itu, alasan lainya yang membuat tempat wisata di Bandung Barat selalu dipenuhi oleh para pengunjung di akhir pekan apalagi di saat musim liburan tiba ialah karena Gunung ini mrupakan kawasan hutan dimana udaranya segar dan sangat dingin, maka sudah jelas nilai jual kesejukan tempat ini merupakan alasan yang membuat wisatawan asal luar kota seperti Bekasi atau daerah lainya di Indonesia yang mengunjungi tempat ini senang dan betah berlama diri menikmati keindahan dan suhu pegunungan yang sejuk.

Tingkat suhu rata-rata di kawasan Gunung ini pada siang harinya berkisar 15 hingga 17 derajat Celsius, sedangkan suhu di malam harinya jauh lebih ekstrim lagi karena bisa mencapai 2 derajat Celcius, hampir mendekati titik beku. Oleh karenanya setiap pengunjung yang ingin ke sini disarankan membawa jaket yang tebal agar tubuh tetap hangat.

merebus telor ayam di kawah domas

merebus telor ayam di kawah domas

Perlu anda ingat baik-baik, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini dan statusnya selalu di awasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawah yang terdapat di gunung juga masih terlihat tanda-tanda gunung aktif. Tanda gunung ini masih aktif dapat dilihat dari munculnya gas belerang dan sumber-sumber air api yang terletak di kaki gunung, seperti di kawasan Ciater, Subang.

Ada satu hal yang unik dari gunung berapi Tangkuban Perahu ini, pada sisi puncaknya berbentuk memanjang dan terlihat seperti perahu yang terbaik. Padahal umumnya, pada sisi puncak gunung berbentuk kerucut. Pada sisi lereng gunung terdapat pula perkebunan teh yang di rawat baik oleh warga setempat dan perkebunan ini membuat wisatawan merasa ingin berlama-lama saat datang ke tempat ini.

Spot foto di tempat wisata tangkuban perahu

Bila anda belum puas menikmati segala keindahan di objek wisata gunung Tangkuban Perahu dalam satu hari, anda bisa menginap disekitar sana. Ada banyak hotel yang bisa anda gunakan untuk bermalam. hotel bertarif murah hingga tarif mahal ada di tempat wisata gunung ini. Apabila budget yang dimiliki jumlahnya terbatas, sebaiknya menginap di losmen saja dengan tarif yang lebih terjangkau daripada hotel.

3 Kawah Tangkuban Perahu Yang Populer

Daya tarik utama wisata gunung Tangkuban Perahu terdapat di pemandangan eksotis tiga kawah besar yang berada di sana. Beberapa kawah Tangkuban Perahu yang terkenal ialah :

Kawah Ratu
Kawah ratu merupakan kawah yang ukuranya terbesar diantara kawah lainya. Kawah ini terbentuk ratusan tahun silam, akibat meletunya gunung Patuha. Bila ingin mengunjungi Kawah Ratu, sebaiknya kendaraan diarahkan naik keatas. Bila ditempuh dengan berjalan kaki, jaraknya lumayan jauh. Setibanya disana anda akan takjub dengan keindahan pemandanganya. Jangan lupa untuk foto- foto bila berada di Kawah Ratu. Setelah dirasa puas foto-fotonya, singgahlah ke warung untuk mengisi perut atau sekedar membeli minuman.

Kawah Domas
Kawah Domas juga tidak kalah terkenalnya dengan Kawah Ratu. Letaknya lebih rendah dari kawah ratu dan tidak begitu melelahkan bila ditempuh dengan berjalan kaki. Aktifitas seru yang bisa dilakukan di kawahini adalah membeli telur ayam mentah dan merebusnya dikawah hingga matang. Bila ingin merasakan sensasi mandi lumpur belerang, ditempat ini terdapat pemandian lumpur belerang. Lumpur belerang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit.

Kawah Upas
Kawah Upas berada diantara kawah Ratu dan kawah Domas. Bila ingin ke kawah ini, anda harus melewati jalan yang cukup curam dan berpasir. Ukuranya pun terbilang yang paling kecil diantara kawah yang lainya.

Lokasi Gunung Tangkuban perahu

Lokasi Tangkuban Perahu terletak di Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. Destinasi wisata Favorit di Lembang ini begitu populer di telinga wisatawan dalam negri maupun luar negri, sehingga jangan heran apabila tempat ini selalu dipenuhi dengan wisatawan.

Untuk lebih mudah mencapai tempat wisata ini, ada pilihan rute yang akan saya bagikan disini. Bila anda menggunakan kendaraan pribadi darik kota Bandung, berikut ini rute yang bisa ditempuh.

  1. Setelah keluar dari jalan tol Pasteur kemudian arahkan kendaraan ke jalan Dr. Djunjunan – Pasir Kaliki -Sukajadi -Setia Budi – Lembang dan tibalah anda di lokasi wisata.
  2. Setelah keluar dari jalan tol Padalarang arahkan kendaraan ke Cimahi kemudian belok ke kiri arah jalan Kolonel Masturi, sampai di pertigaan jalan raya Lembang belok lagi ke arah kiri, dan anda pun sampai di lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu

Apabila anda ingin memasuki tempat wisata ini, diharuskan membayar biaya retribusi yang telah ditetapkan pemerintah setempat. Harga tiket masuk ini antara wisatawan domestik dan luar negri dibedakan.

Wisatawan Domestik

  • Tiket masuk : Rp. 15.000
  • Parkir Motor : Rp. 5.000
  • Parkir Mobil : Rp. 10.000
  • Parkir Bus : Rp. 20.000

Wisatawan Asing

  • Tiket masuk : Rp. 50.000
  • Parkir Motor : Rp. 7.000
  • Parkir Mobil : Rp. 15.000
  • Parkir Bus : Rp. 25.000

Penginapan Murah di Tangkuban perahu

Diatas telah saya sampaikan bahwa tempat wisata ini sudah dikenal masyarakat luas dan belum pernah sepi dari pengunjung. Oleh karenanya di sekitar tempat wisata ini terdapat beragam penginapan seperti villa, hotel, losmen dan homestay. Dari beberapa penginapan tersebut ada yang harganya terbilang murah. Penasaran ya ? Inilah daftar penginapan murah dekat Gunung Tangkuban Perahu di Lembang.

Farm House 3
Farm House 3 penginapan dengan harga per malam berkisar Rp 100.000 untuk dua orang tamu dalam satu kamar. Fasilitas kamar yang disediakan air mineral gratis, wifi kecepatan tinggi, kamar mandi dalam, kasur tidur double atau single bad yang nyaman serta TV Led lengkap dengan chanel luar negri. Untuk pemesanan kamar sebaiknya dua atau tiga hari sebelumnya, karena penginapan ini favorit wisatawan.

Vinde House
Vinde House tarif menginap per malam berkisa Rp 131.000. Fasilitas yang disediakan terbilang standart, hanya tempat parkir kendaraan, kasur ukuran single, wifi gratis dan TV didalam kamar. Untuk kamar mandi tidak ada di dalam kamar. Bila anda menginap disini, dari dalam kamar bisa melihat pemandangan alam yang cantik, terlebih saat sunset atau sunrise.

Vila Sari Intan
Penginapan ini berjarak sekitar 11km dari Tangkuban perahu dan untuk harga sewa selama satu hari berkisar Rp 200.000. Villa ini hanya mempunyai satu kamar tidur dengan kasur berukuran dan double dan terdapat kamar mandi. Disini disediakan dapur umum yang bisa anda gunakan untuk memasak makanan atau merebus air.

Moscato Hotel & Cafe
Moscato Hotel & Cafe memiliki taman yang luas dengan pemandangan kota yang terlihat semakin cantik saat malam hari. Fasilitas didalam kamar antaranya AC, Tv layar datar, perlengkapan mandi lengkap dan lemari pakaian. Harga per malam yang ditawarkan mulai Rp 358.000.

Demikianlah review dan informasi alamat dan harga tiket wisata Gunung Tangkuban Perahu di Lembang Bandung. Apabila ada pertanyaan atau masukan, silahkan isi komentar dibawah.

One Response

  1. Febrianty Rachma Oktober 22, 2019 Reply

Leave a Reply